UGM Jadi Universitas Terpopuler di Medsos, Kampus Favoritmu Urutan Berapa?

UGM | Foto: goodnewsfromiandonesia.id
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, JOGJA – Riset yang dilakukan PT Lifepal Technologies Indonesia mencatat Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi perguruan tinggi Indonesia paling populer di medsos.

Ruben Setiawan, Manajer Konten PT Lifepal Technologies Indonesia mengatakan UGM menempati peringkat teratas jumlah likes di Facebook, followers Instagram terbanyak, serta ada di posisi ke dua followers Twitter terbanyak setelah Universitas Indonesia (UI).

Dia menambahkan UGM juga mendominasi platform Facebook, Instagram, dan Twitter, tetapi tidak di Youtube. “Adapun Polteknik Keuangan Negara [PKN] STAN merajai kategori Youtube,” katanya dalam keterangan tertulis, seperti dikutip dari Harianjogja.com.

UGM menempati posisi pertama perguruan tinggi dengan total likes Facebook terbanyak di Juni 2020. Halaman Facebook UGM telah mendapat likes dari 428.000 pengguna Facebook.

Akun Facebook UGM kerap mengunggah berita-berita terbaru yang terpampang di situs resmi UGM. UGM secara rutin mem-posting tiga atau empat artikel dalam sehari di situs resmi universitas. Konten-konten tersebut tidak hanya sebatas update kegiatan terbaru UGM, tetapi berisikan edukasi dan tips-tips.

Institut Teknologi Bandung (ITB) menempati posisi kedua dengan dengan 242.000 likes, disusul Universitas Terbuka (UT) dengan 211.000 likes, dan Universitas Padjajaran di peringkat empat dengan 183.000 likes. Peringkat ke lima ada Universitas Indonesia dengan 174.674 likes dan ke enam Universitas Diponegoro dengan jumlah likes mencapai 114.602.

Sementara, perguruan tinggi swasta yang sukses mendapat like terbanyak di halaman Facebook adalah Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) STIKOM Bali. Jumlah likes di halaman Facebook dari perguruan tinggi di Pulau Dewata ini mencapai 280.000 di akhir Juni 2020.

STIKOM Bali punya cara dengan UGM dalam memanfaatkan Facebook untuk mempromosikan konten di situs resmi ke media sosial. STIKOM Bali melakukan sinkronisasi akun Facebook dengan Instagram mereka. Hal itu menyebabkan seluruh postingan di Instagram muncul di Facebook.

Baca juga: UGM: Kualitas Paten Penting Untuk Perbaiki Akreditasi Perguruan Tinggi

Selain itu, akun fanpage STIKOM Bali juga memanfaatkan fitur Facebook chat bot atau robot pembalas pesan sehingga pengunjung dapat mengajukan pertanyaan seputar lokasi kampus, biaya kuliah, dan info lain seputar perguruan tinggi tersebut.

Chat bot lantas akan mengarahkan penanya untuk menghubungi nomor resmi kantor perguruan tinggi, dan akun official LINE mereka.

UGM juga masuk ke dalam peringkat pertama perguruan tinggi negeri dengan followers Instagram terbanyak. Jumlah pengikut Instagram UGM mencapai 571.000 di akhir Juni 2020.

Menurut Lifepal, UGM sering mempromosikan UGM Update yang berisi live streaming dari unit kegiatan mahasiswa. Live tersebut tidak hanya berlangsung di Instagram, tetapi di platform lain seperti Youtube, Facebook, dan Twitter.

Di posisi kedua, ada UI dengan jumlah followers Instagram mencapai 544.000, diikuti oleh PKN STAN dengan 397.000, ITB di 213.000, Universitas Brawijaya di 206.000, dan Gunadarma 181.000.

Pada kategori perguruan tinggi swasta, Universitas Gunadarma menduduki peringkat pertama dengan jumlah followers Instagram yang mencapai 181.000.

Di Twitter, Universitas Indonesia (UI) menduduki posisi pertama dengan followers terbanyak, yakni 1,2 juta di akhir Juni 2020. UI cukup sering melakukan repost konten mereka yang ada di Instagram ke Twitter. Seluruh postingan yang ada di Twitter UI adalah informasi dari universitas tersebut. UGM berada di peringkat kedua dengan 1 juta followers.

Sementara, perguruan tinggi negeri dengan subscriber Youtube terbanyak jatuh pada PKN STAN yang sukses mengantongi 76.200 subscriber. UGM berada di peringkat ketujuh dengan 24.900 subscriber. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*