Dihibahkan Ke Museum Dirgantara Jogja, Pesawat Karya BJ Habibie Sempat Nyangkut di Tol Banyumanik

Sempat tersendat. truk pengangkut badan pesawat N250 Gatotkaca saat melintasi Gerbang Tol Banyumanik Semarang, Kamis (20-8-2020) malam | Foto: ANTARA
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Pesawat N250 rancangan Almarhum BJ Habibie dihibahkan ke Museum Pusat Dirgantara Mandala di Yogyakarta. Dalam perjalanannya dari Jakarta ke Jogja, pesawat prototype tersebut sempat tersangkut di Gerbang Tol Banyumanik, Semarang.

Kepala Subunit PJR Tol JT 1B Polda Jawa Tengah Iptu Agus Joko di Semarang, Jumat, membenarkan adanya kendala perjalanan pesawat buatan mantan Presiden B.J. Habibie tersebut saat melintasi Gerbang Tol Banyumanik.

“Kendalanya karena badan pesawat terlalu besar. Kejadian sekitar pukul 19.30 WIB, namun sudah diatasi,  pada pukul 22.30 WIB sudah bisa melintas,” katanya, dikutip dari Antara.

Sementara itu, Manajer Operasional PT Trans Marga Jateng Fauzi Abdurrahman mengatakan bahwa ketinggian muatan truk tidak memungkinkan untuk melintasi gardu tol. “Truk sempat diminta mundur untuk dipindahkan ke jalur paling kanan,” katanya.

Proses tersebut, menurut dia, membutuhkan waktu sekitar beberapa jam. Usai melintas di gardu paling kanan yang ukurannya lebih tinggi, truk kemudian melanjutkan perjalanan menuju Yogyakarta.

Seperti dikatehui, pesawat rancangan BJ Habibie ini akan menjadi koleksi Museum Pusat Dirgantara Mandala Jogja. Penyerahan satu dari dua prototype pesawat karya Presiden ke-3 RI  itu akan dilakukan oleh PT Dirgantara Indonesia.

“Penyerahan ini sebagai tindak lanjut dari Surat Keputusan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (SKEP) Nomor 284/VIII/2020 tanggal 14 Agustus 2020 tentang Penugasan Penerimaan Hibah Pesawat PA01 N250 milik PTDI untuk ditempatkan di Museum Pusat Dirgantara Mandala,” demikian dikutip dari siaran pers PT Dirgantara Indonesia, Rabu (19/8/2020).

Baca juga:  Keren, 5 Ventilator Inovasi Indonesia Kantongi Izin Edar

Pesawat N250 Gatotkaca merupakan satu dari dua prototipe pesawat, dari rencana empat prototipe pesawat yang dibangun PT Industri Pesawat Terbang Nurtanio (IPTN), saat ini PT Dirgantara Indonesia. Pesawat prototipe rancangan Habibie itu diberi nama Gatotkaca oleh Presiden Kedua RI, Soeharto

Pesawat N250 tersebut pertama kali diperkenalkan Habibie dalam ajang Paris Airshow, Le Bourget, Prancis.

Pesawat prototipe N250 Gatotkaca dirancang berkapasitas 50 penumpang selanjutnya muncul perdana saat roll-out, atau ditarik keluar dari hangar oleh 50 karyawan IPTN.

Pada 10 Agustus 1995 pesawat N250 Gatotkaca yang mendapat registrasi PX-XNG berhasil menjalani terbang perdana atau first-flight, dengan disaksikan langsung oleh Presiden Kedua RI Soeharto, beserta Wakil Presiden Try Sutrisno. Momen itulah yang kemudian mendasari ditetapkannya tanggal 10 Agustus sebagai Hari Kebangkitan Teknologi Nasional.

Pesawat N250 Gatotkaca tersebut saat ini tengah dalam proses penyerahan untuk selanjutnya menjadi koleksi museum Pusat Dirgantara Mandala.

“Penyerahan N250 PA01 Gatotkaca ke Museum Pusat Dirgantara Mandala (Muspusdirla), Yogyakarta sebagai bentuk menjaga aset negara karena mempunyai nilai historis yang tinggi dan merupakan sejarah berdirinya industri dirgantara sehingga masyarakat dapat melihat langsung Pesawat N250 Gatotkaca di museum,” demikian dikutip dari rilis PTDI.

Pesawat N250 Gatotkaca tersebut telah dibongkar untuk kemudian dikirim melalui jalur darat dan akan dirakit kembali di Museum Pusat Dirgantara Mandala Yogyakarta.

Museum Pusat Dirgantara Mandala dijadwalkan akan menerima pesawat tersebut pada 25 Agustus 2020. Penyerahan pesawat tersebut rencananya akan disaksikan oleh Panglima TNI, Kepala Staf TNI Angkatan Udara, serta Direktur Utama PTDI. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*