Command Center PLN Diharapkan Percepat Tangani Gangguan Listrik Warga

Walikota Semarang Hendrar Prihadi saat peresmian Command Center di kantor PLN UP2D Jateng-DIY | Foto: youtube Radar Semarang TV
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – PT PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta meluncurkan Command Center PLN dan borderless di Kota Semarang. Layanan ini guna meningkatkan kualitas kerja perseroan.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi yang hadir secara langsung untuk turut meresmikan Command Center tersebut, menyambut positif upaya PLN untuk  meningkatkan mutu pelayanan.

“Apresiasi kepada PLN karena ada keinginan besar untuk memuaskan pelanggan. Kata kunci pelayanan publik hari ini adalah kepuasan pelanggan,” ungkap Hendi, sapaan akrab Wali Kota Semarang itu, di Kantor PLN UP2D Jateng-DIY, Selasa (18/8)

Dengan adanya Command Center PLN dan borderless, ini dia berharap keluhan masyarakat dapat terselesaikan dengan cepat karena pusat komando akan memerintahkan petugas pelayanan teknik terdekat dengan lokasi gangguan untuk segera menindaklanjuti pengaduan pelanggan.

“Lewat launching command center dan layanan borderless ini pasti lebih efisien, lebih optimal hingga kemudian bisa melayani masyarakat dengan lebih baik,” ujarnya.

Baca juga: Ada Keringanan Tarif, PLN Buka Pengajuan Restitusi Bagi Pelanggan di Tiga Sektor Ini

Menurut Hendi, saat ini listrik menjadi kebutuhan primer untuk mendukung aktivitas masyarakat. “Listrik sudah menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat, tidak hanya sandang, pangan dan papan. Listrik ini sangat dibutuhkan masyarakat,” ungkapnya.

Terlebih di masa pandemi ini banyak aktivitas masyarakat yang sangat bergantung pada pasokan listrik di rumah untuk aktivitas UMKM, work from home maupun pembelajaran sekolah secara daring.

“Terutama di masa pandemi ini orang kemudian mengeluh jika listrik mati hari itu,” imbuhnya, dilansir dari jagaberita.com. Dirinya pun mengaku turut mendapat keluhan dari warganya bila listrik padam.

“Saya ini termasuk yang dibully oleh warga Semarang, Pak Hendi gimana ini listrik di Semarang?,” ujar Hendi menirukan keluhan warga. Hal tersebut menurutnya wajar terjadi karena ekspektasi masyarakat terhadap PLN sangat tinggi.

Sementara itu General Manager PLN UID Jateng DIY, Feby Joko Priharto mengungkapan jika Command Center PLN ini merupakan komitmen dari PLN untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada warga Semarang.

“Hadirnya Command Center ini akan mempercepat penanganan gangguan atau keluhan pelanggan, karena pemberian penugasan berdasarkan pantauan realtime posisi petugas di aplikasi map display,” terangnya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*