COVID-19 UPDATE

KEMARIN

HARI INI

NAIK / TURUN

Total Penderita

132.816

135.123

2%

Kasus Baru

2.098

2.307

10%

Update: 14 Agustus 2020 - Sumber: covid19.go.id

Stasiun Tawang Semarang Sediakan Layanan Rapid Tes Covid-19, Hanya Rp85 Ribu

Ilustrasi | Foto: klikdokter.com
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, SEMARANG – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 4 Semarang menyediakan layanan tes cepat (rapid test) untuk mendeteksi Covid-19 di Stasiun Tawang Semarang untuk memudahkan calon penumpang kereta jarak jauh yang akan berpergian dari Ibu Kota Jawa Tengah ini.

Kepala KAI Daop 4 Semarang, Muhamad Nurul Huda Dwi Santoso, di Semarang, Kamis (30/7), mengatakan, layanan tes cepat ini mulai dibuka hari ini.

“Calon penumpang yang sudah membeli tiket dan mendapatkan kode ‘booking’ bisa mendapatkan layanan ‘rapid test’ ini,” katanya.

Menurut dia, tarif tes cepat yang hanya Rp85 ribu tersebut lebih murah dan lebih memudahkan calon penumpang. “Calon penumpang tidak perlu jauh-jauh melakukan rapid test, harga lebih terjangkau,” tambahnya.

Sementara untuk calon penumpang yang hasil tes cepat reaktif, kata dia, Daop 4 juga telah menyiapkan ruang isolasi untuk prosedur lanjutan bagi calon penumpang tersebut.

Calon penumpang dengan hasil tes reaktif akan batal diberangkatkan dengan uang pembelian tiket kereta yang telah dibeli akan dikembalikan seluruhnya.

Ia menjelaskan layanan ini diharapkan bisa mendorong peningkatan mobilitas masyarakat dalam menggunakan moda transportasi kereta api.

Baca juga: Ini Aturan Klaim Biaya Rawat Pasien Covid-19 Yang Baru Diteken Menkes

Sementara itu, salah seorang penumpang yang mengikuti tes cepat, Eri Prastikawati, mengaku sangat terbantu dengan layanan ini. “Malah lebih enak, daripada harus ke rumah sakit yang biayanya lebih mahal,” katanya, seperti dikutip dari Antara.

Warga Kabupaten Semarang itu sendiri berangkat menuju Blora dengan menggunakan KA Maharani.

Seperti diketahui, layanan rapid test Covid-19 akan tersedia di beberapa stasiun PT Kereta Api Indonesia (Persero). Rapid test menjadi salah satu syarat wajib bagi penumpang kereta api (KA) jarak jauh.

Menurut siaran pers yang diterima Kompas.com, fastilitas ini hasil kerja sama dengan PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero). Layanan rapid test akan tersedia di 12 stasiun, yaitu: Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Bandung, Stasiun Cirebon, Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Purwokerto, Stasiun Yogyakarta, Stasiun Solo Balapan, Stasiun Madiun, Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Surabaya Pasarturi, dan Stasiun Malang.

Jam pelayanan mulai pukul 07.00-19.00 WIB. Sementara itu, harga rapid test adalah Rp 85.000.  Syarat rapid test Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo menyampaikan, pada tahap awal, layanan rapid test baru tersedia di Stasiun Pasar Senen.

Sementara itu, stasiun lainnya secara bertahap akan menyediakannya. Pelanggan yang berhak melakukan rapid test di stasiun-stasiun tersebut harus memiliki kode booking tiket KA Jarak Jauh.

Untuk informasi tentang layanan rapid test di Stasiun, masyarakat dapat menghubungi contact center KAI melalui telepon di 021-121, email cs@kai.id, sosial media KAI 121, dan humas@kai.id. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*