COVID-19 UPDATE

KEMARIN

HARI INI

NAIK / TURUN

Total Penderita

132.816

135.123

2%

Kasus Baru

2.098

2.307

10%

Update: 14 Agustus 2020 - Sumber: covid19.go.id

Meninggal di RS Tidar, Jenazah Sastrawan Ajip Rosidi Dimakamkan di Magelang

Ajip Rosidi | Foto: cnnindonesia.com
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, MAGELANG – Jenazah sastrawan dan budayawan Ajip Rosidi akan dimakamkan di makam keluarga yang berada di sebelah timur rumah duka di Desa Pabelan, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Kamis.

Menurut anak Ajip Rosidi, Titis Nitiswari, jenazah Ajip dimakamkan siang ini, Kamis (30/7/2020) sekitar pukul 11.00 WIB.

Suami dari aktris senior Nani Wijaya ini meninggal dunia pada usia 82 tahun di Rumah Sakit Umum Daerah Tidar Kota Magelang pada Rabu (29/7), setelah sekitar sepekan menjalani perawatan di rumah sakit. Dia meninggalkan seorang istri, serta enam anak, 11 cucu, dan empat cicit.

Titis mengatakan bahwa ayahnya dibawa ke rumah sakit pada Kamis (23/7) dan pada Sabtu (25/7) menjalani operasi karena mengalami pendarahan otak. “Selama ini Bapak juga menderita kanker,” katanya, seperti dikutip dari Antara.

Sebelum meninggal dunia, budayawan senior ini menjalani perawatan dan operasi di RSUD Tidar Kota Magelang, karena sakit sejak sekitar seminggu terakhir, akibat terjatuh di rumah anaknya di Pabelan, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang.

Hal itu dibenarkan oleh salah seorang anak Ajip Rosidi, Nundang Rundagi. Dia mengatakan ayahnya harus menjalani operasi karena perdarahan di otak, akibat terjatuh tersebut.

Baca juga: Gitaris Tjahjo Wisanggeni Meninggal Dunia, Dimakamkan di Jogja

Ajip Rosidi, sastrawan yang berasal dari Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, menaruh minat besar terhadap perkembangan bahasa dan sastra Sunda.

Ajip Rosidi telah menghasilkan ratusan karya dalam bentuk buku maupun publikasi tulisan. Ia meraih gelar doktor kehormatan, honoris causa, bidang ilmu budaya dari Universitas Padjadjaran pada 2011.

Sang sahabat yang juga seorang budayawan, Butet Kertaradjasa pun mengunggah foto lawas kebersamaan mereka  di akun Facebook pribadinya. Dia mengaku sangat berduka.

Dalam unggahan tersebut, Butet Kertaradjasa mengenang almarhum Ajip Rosidi sebagai sosok yang berjasa di hidupnya. Sebab, lewat karya-karya beliau, ia mencintai dunia sastra.

“Mengenang pak Ajip Rosidi yang malam ini meninggalkan kita, saya share dongeng beliau yang jenaka. Selamat jalan pak Ajip. Terima kasih telah menyebabkan saya mencintai seni sastra, melalui bacaan buku-buku terbitan Pustaka Jaya tahun 1970an,” tulis Butet Kertaradjasa di laman Facebooknya, dikutip Kamis (30/7/2020).

Ajip Rosidi merupakan salah satu tokoh yang mengawal berdirinya Taman Ismail Marzuki. Ia juga pernah menjabat sebagai Ketua Dewan Kesenian Jakarta tahun 1972-1981. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*