COVID-19 UPDATE

KEMARIN

HARI INI

NAIK / TURUN

Total Penderita

132.816

135.123

2%

Kasus Baru

2.098

2.307

10%

Update: 14 Agustus 2020 - Sumber: covid19.go.id

Ipar Jokowi Batal Maju Pilbup Gunungkidul, Ada Apa?

Adik kandung dari Iriana Jokowi, Wahyu Purwanto | Foto: tribunnews.com/gatra.com
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, GUNUNGKIDUL – Adik kandung dari Iriana Jokowi, Wahyu Purwanto akhirnya batal mengikuti konstelasi politik pemilihan bupati Gunungkidul pada Pilkada Serentak 9 Desember mendatang. Pembatalan pencalonan adik ipar Jokowi tersebut setelah terjadi pembicaraan antara presiden dan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.

Hal itu diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Johnny G. Plate. “Betul ada pembicaraan antara Pak Jokowi dan Pak Surya Paloh sebagai Ketum NasDem yang akhirnya menetapkan tidak melanjutkan pencalonan Pak WP dalam Pilkada Gunung Kidul,” kata Johnny seperti dikutip dari Tempo.co.

Sebelumnya ramai diberitakan Wahyu urung mencalonkan diri sebagai calon Bupati Gunung Kidul pada Pilkada 2020.

Kepada sejumlah media, Wahyu mengatakan Jokowi memintanya untuk tidak mencalonkan diri. Johnny mengatakan ada banyak alasan dan pertimbangan terkait batalnya pencalonan Wahyu Purwanto. Dua di antaranya adalah faktor kekerabatan Wahyu dengan Jokowi.

Meskipun, menurut Johnny, NasDem sudah menyiapkan strategi pemenangan dan tim sukses serta relawan untuk Wahyu. Tim bernama Ponco Manggolo itu juga sudah mulai bekerja di akar rumput.

Baca juga: Raffi Ahmad Dipinang Putri Maruf Amin Dampinginya di Pilkada Tangerang Selatan

“Terhadap pertimbangan Pak Jokowi tersebut NasDem menghormatinya dan tidak melanjutkan pencalonan Pak WP seperti disebutkan di atas,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika ini.

Selain pertimbangan Jokowi, lanjut Johnny, NasDem juga memperhatikan pendapat yang berkembang di ruang publik. Belakangan ini, publik memang menyorot maraknya politik kekerabatan di Pilkada 2020. “NasDem mempertimbangkan pendapat yang berkembang di ruang publik dan demi mendukung harapan presiden untuk demokrasi yang sehat terkait pilkada,” ujar dia.

Johnny menuturkan Wahyu akan melanjutkan aktivitasnya di bidang sosial setelah urung melanjutkan tahapan pencalonan.

Wakil Ketua Umum NasDem Ahmad Ali mengatakan Wahyu sebelumnya mendaftar bersama sejumlah calon lain ke DPD NasDem Gunung Kidul. Namun dia mengklaim partainya memang belum memutuskan untuk mencalonkan Wahyu.

Ali tak banyak berkomentar ihwal anggapan bahwa Jokowi meminta Surya Paloh agar tidak merekomendasikan Wahyu. “Bahwa Pak Wahyu tak diizinkan Pak Jokowi maju itu persoalan internal mereka,” kata Ali. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*