COVID-19 UPDATE

KEMARIN

HARI INI

NAIK / TURUN

Total Penderita

125.396

127.083

2%

Kasus Baru

1.893

1.687

-11%

Update: 10 Agustus 2020 - Sumber: covid19.go.id

Besok, Undip dan Asian Development Bank Gelar Webinar Tentang Pendidikan Berkelanjutan

Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, SEMARANG – Universitas Diponegoro (Undip) Semarang bersama Asian Development Bank (ADB) menggelar Undip ADB International Webinar Series 2020, dengan tema Future Education, Sustainable Cities and Sustainable Development Goals (SDGs), pada Selasa (14/7/2020), besok.

Seperti diketahui, peran perguruan tinggi Indonesia dalam mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) terus menunjukkan peningkatan yang signifikan.

Data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada April 2020 mencatat terdapat sembilan perguruan tinggi Indonesia yaitu Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), IPB University, Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Brawijaya (UB) Universitas Airlangga (Unair), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Diponegoro (Undip) dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)  meraih prestasi sangat baik dalam pemeringkatan Times Higher Education (THE) 2020 dalam kategori Impact Ranking.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Plt. Dirjen Dikti) Nizam mengatakan prestasi ini sangat membanggakan. Ini menunjukkan perguruan tinggi di Indonesia sangat berperan bagi pembangunan berkelanjutan, tidak hanya menjadi menara gading, namun menjadi menara air.

“Hal ini menunjukkan pengabdian perguruan tinggi Indonesia kepada masyarakat diakui dunia internasional,” tuturnya, belum lama ini.

Selain itu, terdapat enam perguruan tinggi Indonesia yang juga berhasil menorehkan prestasi yang menggembirakan, yaitu Unpad yang berada di peringkat 101-200, UB di peringkat 201-300, Unair di peringkat 301- 400, ITB di peringkat 301-400, Undip di peringkat 301-400, dan ITS di peringkat 401-600.

Baca juga: Jembatan Sikatak Undip Diresmikan, Akses Masyarakat ke RSND Makin Dekat

Sebagaimana diketahui, Pemeringkatan Impact Ranking yang dilakukan oleh Times Higher Education dilakukan dengan mengukur dan melihat peran perguruan tinggi di dunia melalui 17 indikator Tujuan SDGs. Times Higher Education Impact Ranking tahun ini diikuti 766 institusi bergengsi di seluruh dunia.

Plt. Dirjen Dikti berharap prestasi ini menjadi pemacu semangat perguruan tinggi di Indonesia untuk semakin berkontribusi bagi pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

“Sejalan dengan tujuan SDGs, maka peran dan sumbangsih perguruan tinggi Indonesia selama pandemi Covid-19 ini diharapkan juga dapat ditingkatkan mulai dari pencegahan hingga penanganan Covid-19,” ujar Nizam.

Untuk itu, Udip sebagai salah satu Perguruan tinggi yang meraih prestasi sangat baik dalam pemeringkatan Times Higher Education (THE) 2020 dalam kategori Impact Ranking bersama ADB menggelar Undip ADB International Webinar Series 2020, dengan tema Future Education, Sustainable Cities and Sustainable Development Goals (SDGs), pada Selasa (14/7/2020), besok, dengan menghadirkan sejumlah narasumber.

Mereka adalah Chief of Education Sector ADB Dr Brajesh Panth, Center of Urban and Regional Resillence (CURE) Dr Wiwandarai Handayani, Country Director for Bhutan ADB Dr Kanokpand Lao Araya, dari University of Hawaii USA Dr Ashok DAS, Vice President ADB Dr Bambang Susantono, dengan moderator dari Undip Prof Imam Buchori.  Acara akan dibuka oleh Rektor Undip Prof Dr Yos Johan Utama.

Para pembicara di sini akan mengupas tentang hal tersebut. Juga terkait dengan SDGs sendiri yang mengakomodasi masalah-masalah pembangunan secara lebih komprehensif baik kualitatif maupun kuantitatif menargetkan penyelesaian tuntas terhadap setiap tujuan dan sasaranya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*