Surabaya Zona Hitam Penyebaran Covid-19, Tingkat Kematian Hampir 10%

Foto: Infocovid19.jatimprov.go.id/
Mari berbagi

JoSS, SURABAYA – Ibu Kota Provinsi Jatim, Surabaya masuk zona hitam dalam peta penyebaran virus corona, setelah kasus positif di daerah itu per 1 Juni 2020 mencapai angka 2.633 orang. Dari jumlah itu 240 orang dinyatakan sembuh, 2.147 orang masih menjalani perawatan dan 246 orang meninggal dunia.

Data situs resmi Pemprov Jawa Timur, infocovid19.jatimprov.go.id  mencantumkan peta corona Jawa Timur dalam situs tersebut disertai dengan keterangan warna. Berdasarkan keterangan itu, warna hitam digunakan untuk daerah dengan jumlah kasus lebih dari 2.049.

Terpantau hanya Kota Surabaya yang mendapat warna hitam dalam peta sebaran corona di Jatim. Sementara daerah lain seperti Sidoarjo dan Gresik yang masuk dalam kawasan Surabaya Raya berwarna merah tua.

Dikutip dari CNNIndonesia, Gubernur Khofifah Indar Parawansa mengatakan pasien positif corona di Surabaya lebih dari 2.000 kasus. Namun menurutnya tak serta masuk zona hitam seperti tertera dalam peta.

Baca juga: Malang Raya Siap Terapkan New Normal, Kampung Tangguh Jadi Pelopor

“Kemudian ada yang tanya, itu (di peta) kok ada yang hitam. Itu bukan hitam tapi merah tua. Seperti Sidoarjo yang angka kasusnya 500 (kasus) sekian merah sekali, kalau angkanya dua ribu sekian (Surabaya) merah tua,” ujar Khofifah.

Meski dibantah Khofifah, situs corona Jawa Timur jelas membedakan warna Surabaya yang hitam dengan kota-kota lain yang rata-rata berwarna merah dan merah tua.

Daerah yang mendapat warna merah tua antara lain Malang, Kota Malang, Tulungagung, Bojonegoro, Tuban. Daerah dengan warna merah antara lain Nganjuk, Kota dan Kabupaten Blitar, Banyuwangi, Sumenep.

Sementara itu data corona Jawa Timur per Selasa ini tercatat 5.135 kasus positif atau ada penambahan 213 kasus. Dari jumlah itu 699 orang dinyatakan sembuh dan 418 orang meninggal dunia.

Jumlah kasus tersebut menempatkan Jawa Timur sebagai provinsi kedua dengan jumlah positif terbanyak. Jawa Timur berada di bawah DKI Jakarta yang mencatat 7.541 kasus positif Covid-19. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*