Ngesti Pandawa

COVID-19 UPDATE

KEMARIN

HARI INI

NAIK / TURUN

Total Penderita

62.142

63.749

2%

Kasus Baru

1.447

1.607

11%

Update: 5 Juli 2020 - Sumber: Kementrian Kesehatan RI

Pekerja Berpenghasilan di Bawah Rp8 Juta Bisa Ajukan KPR Lewat Tapera

Ilustrasi | Foto: kompas/detik
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, NASIONAL – Kabar gembira bagi pekerja berpenghasilan di bawah Rp8 juta. Kini bisa mengajukan pembiayaan untuk kredit kepemilikan rumah (KPR) melalui program tabungan perumahan rakyat (Tapera).

Hal itu diungkapkan Komisioner BP Tapera Adi Setianto dalam keterangan tertulisnya, Rabu (3/6). Dia mengatakan peserta yang masuk kriteria masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yakni pekerja berpenghasilan maksimal Rp8 juta dan belum memiliki rumah.

Adi melanjutkan pemberian fasilitas pembiayaan itu berdasarkan prioritas yang akan ditetapkan oleh BP Tapera sesuai dengan kriteria dalam PP Nomor 25 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Tapera.

Selain pembiayaan KPR, peserta juga bisa menggunakan dana Tapera untuk membangun rumah di lahan milik sendiri atau melakukan renovasi rumah lama.

“Manfaat pembiayaan ini dapat diajukan oleh peserta yang memenuhi kriteria setelah satu tahun masa kepesertaan melalui berbagai pilihan bank dan lembaga pembiayaan lainnya,” ujarnya, seperti dikutip dari CNNIndonesia.

Setiap peserta yang merupakan golongan Pekerja Penerima Upah (PPU) menyetor iuran simpanan Tapera sebesar 3 persen dari gaji. Iuran itu ditanggung bersama oleh pemberi kerja sebesar 0,5 persen dan pekerja sebesar 2,5 persen.

Dasar perhitungan untuk menentukan gaji ditetapkan maksimal Rp12 juta atau serupa dengan program jaminan sosial lainnya.

Adi mengatakan dana simpanan peserta akan dikelola dan diinvestasikan oleh BP Tapera bekerja sama dengan Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), bank kustodian, dan manajer investasi. Ia mengklaim pengelolaan dan investasi dana simpanan peserta akan dibuat transparan.

Baca juga: Pemerintah Izinkan Kelompok Usia Produktif Tetap Bekerja, Guna Tekan PHK

“Peserta dapat memantau hasil pengelolaan simpanannya setiap saat melalui berbagai kanal informasi yang disediakan oleh BP Tapera dan KSEI,” paparnya.

Untuk tahap awal, BP Tapera akan fokus pada PNS eks peserta Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan (Bapertarum)-PNS dan PNS baru.

Lebih lanjut, dana peserta eks Bapertarum-PNS akan dikembalikan kepada PNS pensiun atau ahli warisnya. Dana tersebut akan diperhitungkan sebagai saldo awal bagi peserta PNS aktif.

Selanjutnya, BP Tapera akan memperluas kepesertaan secara bertahap untuk segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) di BUMN, BUMD,BUMDes, TNI dan Polri. BP Tapera juga akan menyasar pekerja swasta, pekerja mandiri, dan pekerja sektor informal.

Bagi perusahaan swasta, pemerintah memberikan batas waktu tujuh tahun untuk mendaftarkan pekerjanya sejak berlakunya PP Penyelenggaraan Tapera. Rencananya, penghimpunan simpanan peserta akan mulai dilaksanakan pada Januari 2021 nanti.

“Saldo awal peserta ini akan dikelola menggunakan model kontrak investasi dan sebagian dialokasikan untuk pelaksanaan initial project pembiayaan perumahan bagi peserta Tapera,” terang dia.

Pada tahun yang sama, ia menambahkan, pemerintah juga akan melakukan pengalihan dana Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) ke dalam dana Tapera sesuai dengan amanat PP Penyelenggaraan Tapera.

Harapannya, program Tapera dapat mengatasi permasalahan backlog perumahan serta mendorong kinerja sektor perumahan. (lna)

7 Komentar

  1. Program Tapera atau Tabungan perumahan rakyat yg di ciptakan oleh pemerintahan Presaaiden RI atau Bpk Joko Widodo yang mengikutkan para karyawan dari perusahaan swasta untuk ikut didalam program ini atau dipaksakan dengan UU, padahal jelas-jelas para karyawan Perusahaan swasta itu bukanlah anak buah atau bosnya adalah Presiden RI atau Bpk Joko Widodo, akan tetapi para karyawan swasta ini adalah individu yg merdeka dan memiliki Hak Azasi untuk ikut program pemerintah atau tidak, lagi pula Bos mereka atau para karyawan dan karyawati ini adalah pem,ilik dari Perusahaan dimana tempat meraka berkerja atau mencari nafkah. Jadi kesimpulannya Presiden RI atau Bpk. Jokowi ini mungkin sudah melampaui kewenagannya, dan kalaupun ada undang-undangnya boleh memaksakan kehendaknya si Presiden RI ini kepada para karjyawan swasta, maka UU itu tentunya dibuat telah melanggar Hak Azasi Manusianya para karyawan dan karyawati swasta, dan itu harus batal demi hukum. Ingat lagi pula NKRI itu adlah Negara Demokrasi Pancasila, di mana kebebasan individu itu dijamin oleh UU.

  2. Betul menurut saya apa yang dikatakan oleh joko ini. Kenapa bisa dikatakan demikian? jawabannya karena PP No. 25 tahun 2020 sebagai peraturan yg dipakai untuk memaksakan kehendak pemerintahan Presiden RI atau Joko Widodo yg mewajibkan para karyawan dan karyawati swasta yg padahal juga bukan merupakan bawahan dari Presiden RI atau Bpk Joko Widodo itu sendiri agar mengikuti program TAPERAnya pemerintah saat ini, telah melanggar Hak Azasi Manusia para pekerja atau para karyawan dan karyawati di Perusahaan swasta. Pertanyaannya adalah ? kenapa hal ini atau kesewenang-wenangan pemerintah ini terus dibiarkan begitu saja ? Bukahkan rakyat Indonesia sudah banyak yg tahu kalau para pejabat negara di NKRI sedari dahulu atau semenjak pertama kali kita merdeka sampai sekarang hanyalah hasil settingan dan atau membeli jabatan untuk menjadi pejabat negaranya? Dengan begitu sudah jelas kalau para penguasa di NKRI ini dari pertama kali merdeka sampai sekarang adalah sebenarnya Komunisme Atheisme yg pura-pura beragama. Maka dari itu mereka atau para penguasa dan juga para pengikutnya dari pertama-kali merdeka sampai sekarang haruslah dibasmi semua. Ingatlah bahwa Tuhan Allah telah melarang umat manusia yg taqwa untuk mengikuti iblis, dan bahkan kita disuruh berjihad membasmi mereka semua, karena mereka itu adalah biang kerok atau sumbernya kejahatan dan juga kemunafikan.

  3. Saya sangat setuju dengan apa saja yang dikatakan oleh Bpk. Joko dan juga Bpk. Agustinus ini. Kenapa bisa demikian ? karena memang betul apa saja yg dikatakan kedua beliau ini memang terjadi di NKRI yaitu program TAPERA yg memang dikatakan telah melanggar Hak Azasi Manusia dan juga dipaksakan dg UU atau Peraturan Pemerintah No. 25 tahun 2020. Padahal kita semua sudah tahu bahwa segala cara sudah dilakukan untuk bisa menjadi pejabat negara di NKRI ini, contohnya settingan atau jual beli jabatan sebagai pejabat negara Presiden RI, Anggota DPR/MPR, pejabat kemmennag, pejabat kepala daerah. dll. Kesewenang-wenangan ini tidak boleh terus-menerus dibiarkan. Oleh karena itu maka kita sebagai para pengikut Tuhan wajib untuk berjihad membasmi seluruh para penguasa dan kroni-kroninya ataupun juga para pengikutnya. Bukankah mereka sudah ketahuan tidak jujur untuk menjadi pajabat negaranya sedari dahulu atau sejak pertama kali negara kita atau NKRI merdeka sampai sekarang ? Ayo kita bersatu semua yg taqwa atau para pengikut Tuhan Allah SWT yg benar-benar jujur dan taqwa. Jangan takut sudah ada kurang lebih puluhan jutaan milier dan juga polisi serta tenaga kesehatan dokter dan juga perawat yg akan ikut serta membasmi para ilbis-iblis ini. Kami juga dilengkapi dg alutsista yg cukup banyak misalnya senjata pistol dan juga senapan semi maupun otomatis, senapan sniper yg bisa sampai 2 km, panser, tank, kapal perang, kap[al induk, pesawat tempur sekelas sukhoi SU 27/30, pesawat tempur sekalas SU34/35, pesawat tempur siluman yg tidak dapat terdeteksi radar dan juga tidak kelihatan dg mata telanjang dan tidak bersuara kencang, kapal selam besar dan kecil, rudal jarak pendek, jarak jauh, dan jarak sedang, satelite militer, drone militer dan jg intai, dll. Semua kondisi pasukan tempur telah disebar di seluruh propinsi yg ada di NKRI dan siap untuk meyerang sewaktu-waktu. Doakan agar kami bisa membasmi seluruh iblis-iblis ini. Berhati- hatilah wahai para seluruh rakyat Indonesia karena kelompok penguasa iblis dajal ini sudah merakayasa calon-calon pemimpin utk tahun 2024 mendatang atau pengganti si Presiden Jokowi, seperti contohnya para kepala daerah Anies Baswedan, Ridwan Kamil, dll, bahkan tokoh golput yg TNI, contohnya Jendral TNI AD Gatot Nurmantyo, dll . Atau dengan kata lain semua tokoh-tokoh yg selama ini diperkenalkan ke publik baik dari kalangan orang-orang partai politik, maupun yg dari kalangan non partai politik, itu semua hanyalah settingan belaka dari para pengusanya, atau dengan kata lain mereka iblis-iblis juga. Rakyat sudah tahu kalau mereka hanyalah tokoh-tokoh yg disetting untuk bisa menjadi pengganti si Jokowi, akan tetapi rakyat sudah benar-benar muak dan marah.Terima kasih.

  4. Ingat kenapa harga BBM untuk minyak tanah, bensin, dan juga solar di NKRI ini semenjak harga minyak dunia sudah turun ke 30 USD perbarel sejak awal bulan april 2020, tidak turun-turun ? Coba kita hitung-hitung berapa kira-kira pemerintah saat ini telah mengambil keuntungan dari rakyat dengan cara tidak menurunkan harga BBM untuk bensin, minyak tanah dan juga solar, padahal harga minyak dunia sudah turun ke 30 USD, sbb : Impor pemerintah untuk minyak matang atau sudah menjadi BBM dari LN, atau padahal tadinya kita mengekspor minyak mentah dulu ke LN itu tahun 2020 ini sebesar 800.000 barel/th. Pada saat dijual ke pasar, maka berdasarkan ketentuan pemerintah akan dicampurkan biodisel 30 %, sehingga banyaknya minyak plus biodiesel itu menjadi 1.050.000 barel/th. Nah sewaktu akhirnya dijual ke pasar, maka BBM plus bioesel ini dengan mengambil harga rata-rata BBM yg dijual di Indonesia harganya Rp. 6.500/ liter, maka krg lbh harga untuk 1.050.000 barel/th menjadi Rp. 6,8 T. Tadikan sudah saya katakan bahwa harga Minyak Dunia sudah turun dari awal bulan April tahun 2020 atau sampai sekarang sudah tiga bulan pemerintah ambil untung dari rakyat tidak juga menurunkan harga BBM untuk bensin, solar, dan minyak tanah, maka didapat kurang lebih pemerintah sudah mengambil untung dari rakyat dari tidak menurunkan harga BBM untuk bensin, solar, dan juga minyak tanah 250.000 barel krg lbh sebesar Rp. 1,7 T. WOW sungguh angka uang yang fantastis bahkan sampai Trilyunan rupiah hanya dalam tempo tiga bulan saja pemerintah mengambil untung dari rakyat. Ingat bahan bakar bensin, solar dipakai oleh banyak rakyat kalangan bawah dan menengah, dan juga untuk kepentingan distribusi sembako dan juga sayur mayur atau sayuran, maka janganlah kita menjadi heran jika harga-harga sembako atau sayuran ada yang naik bergantian. Bahkan tarif transportasi umum juga tidak turun-turun, dan ini semua bisa menambah beban hidup rakyat. Belum ditambah naiknya iuran BPJS, naiknya bayar listrik, dll. Inilah hasil kerja Pemerintah yg tidak jujur atau hanya hasil settingan atau jual-beli jabatan untuk bisa menjadi pejabat negara, yang pada akhirnya kita para rakyat mendapatkan pemimpin dan anak buahnya yg tidak kredibel atau tidak becus mengelola negara. Pemimpin yg seperti ini dan juga beserta anak buah yg membantunya ataupun para pengikutnya haruslah ditindak tegas, karena mereka bukan hanya sudah menipu rakyat akan tetapi juga mempraktekkan ajaran komunisme Atheisme pura-pura beragama kepada rakyat Indonesia.

  5. Maaf, saya salah tulis tentang banyaknya impor BBM dari PT. PERTAMINA yg seharusnya untuk setiap harinya banyaknya impor BBM dari LN, sebanyak 800.000 barel/hari, jadi bukan 800.000 barel/tahun. Akhirnya untuk perhitungan selama kurang lebih tiga bulan sudah pemerintah mengambil keuntungan dari tidak menurunkan harga BBM misalnya bensin, solar, dan juga minyak tanah sebesar 36 hari x 8oo.ooo barel x Rp. 6.500 = Rp. 1,872 T. Wow betapa banyaknya sudah pemerintah mengambil keuntungan dari rakyat Indonesia kita, itu juga baru tiga bulan saja, apalagi kalau sampai satu tahun atau lebih ? Tks

  6. Memang pemerintah saat ini atau pemerintahan Jokowi tidak sayang kepada rakyat kecil atau hanyalah bisanya menyusahkan rakyat Indonesia saja. Contohnya sudah mengambil iuran BPJS yg naik terus, akan tetapi pelayanannya mutunya jelek, juga sudah mengambil keuntungan dari tidak menurunkan harga BBM misalnya harga bensin, solar, dan minyak tanah,padahal harga minyak dunia sudah turun dari awal bulan April tahun 2020 ke 30 USD perbarel, eh masih juga mau mengambil keuntungan dari rakyat atau mengambil uang rakyat dari program TAPERA. Padahal menjadi pejabat negaranya settingan atau jual beli jabatan di tahun 2014 yg lalu dua kali. dari dulu atau pertama kali negara kita merdeka, seperti inilah keadaannya untuk banyak rakyat Indonesia. Maka mereka semua atau sedari pertama berkuasa sampai saat ini haruslah dibasmi semua. RUU HIP pun juga settingan yg dimainkan pejabat-pejabat negara DPR, MPR, Ulama dg Pemerintah. Jika Presiden RI atau Joko widodo membatalkan ataupun menghentikan RUUHIP ini, maka bisa menjadi pahlawanlah dia, padahal sekali lagi pemerasan lima sila menjadi tiga sila, lalu kemudia satu sila atau gotong royong itu hanyalah permainan sandiwara politik kotor belaka. Rakyat Indonesia jangan pernah ataupun sampai percaya pada permainan politik kotor mereka.

  7. tokoh pengamat politik Indonesia atau Tony S, yang selalu membela-bela si Presiden Jokowi dan telah berkomentar di radio Rasil saluran frekuensi AM, atau di acara berita pagi pukul 08:00 wib, yg berkomentar kesannya agar si Jokowi bisa menjadi pahlawan adalah bukti bahwa si Tony itu adalah orangnya si Jokowi. Rakyat Indonesia yg kritis agar berhati-hati karena masih banyak komentator-komentator si Jokowi selain tony, masih ada lagi febrianto seorang mualaf yg buta karena penyakit glukoma atau gula, manta sutradara sinetron dan film lulusan IKJ Jakarta tahun 1984, dll.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*