Duh, Usai Kawal Demo Floyd Sejumlah Tentara AS Dilaporkan Positif Covid-19

Foto: sputniknews.com
Mari berbagi

JoSS, WASHINGTON DC – Sejumlah anggota korps Garda Nasional (National Guard) Washington D.C., Amerika Serikat, dilaporkan positif terinfeksi virus corona usai mengawal gelombang demonstrasi atas kematian George Floyd di ibu kota baru-baru ini.

Juru bicara Garda Nasional Washington D.C., Letnan Kolonel Brooke Davis, mengatakan virus corona menulari pasukannya setelah sekitar 1.700 anggota dikerahkan mengawal demonstrasi yang terjadi di Gedung Putih dan sejumlah tempat lainnya di Washington.

Davis menuturkan ia tak bisa menyebutkan secara rinci jumlah pasukan yang terinfeksi Covid-19 dengan alasan “keamanan operasional”.

Dilansir AFP, Rabu (10/6), ribuan pasukan Garda Nasional memang dikerahkan mengawal demonstrasi anti-rasialisme oleh Wali Kota Washington D.C. ,dan juga pemerintah federal pada 1 Juni lalu.

Hal itu dimaksudkan untuk meredam kerusuhan dan bentrokan yang sempat terjadi saat unjuk rasa berlangsung.

Davis mengatakan pasukannya tetap menerapkan protokol kesehatan selama pandemi corona, yakni dengan melakukan tes Covid-19 terhadap seluruh personel sebelum dan setelah mengawal demonstrasi.

Baca juga: Upacara Pemakaman George Floyd Disiarkan Secara Langsung

Demonstrasi menuntut keadilan atas kematian Floyd ini telah berlangsung selama dua pekan terakhir dan di saat tren penularan corona masih tinggi di AS. Unjuk rasa anti-rasialisme setidaknya berlangsung di 140 kota di Negeri Paman Sam.

Banyak pihak khawatir demonstrasi akan meningkatkan tren penularan corona ketika Amerika tengah melakukan masa transisi menuju kenormalan baru.

Meski sebagian pemrotes tetap menerapkan jaga jarak dan mengenakan masker saat berdemo, banyak dari mereka pula yang tidak mengindahkan protokol kesehatan selama pandemi.

Dikutip dari CNNIndonesia, selain pedemo, aparat keamanan AS seperti polisi dan militer juga banyak yang tidak menggunakan masker sesuai rekomendasi Pusat Pengendalian Penyakit Menular AS (CDC).

Davis menegaskan bahwa seluruh pasukan Garda Nasional tetap menjaga jarak dan menggunakan alat proteksi kesehatan lainnya selama bertugas.

Berdasarkan data pemerintah AS, sebanyak 22 negara bagian di Amerika Serikat mengalami lonjakan penambahan kasus baru virus corona terutama selama demonstrasi George berlangsung.

Menurut data statistik Worldometer per Rabu (10/6), AS tercatat memiliki 2.045.549 kasus positif Covid-19 dengan 114.148 kematian. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*