Undip Gelar Webinar Tentang Sistem Pembelajaran Daring Berkualitas Di Era New Normal

Rektor Undip Prof Yos Johan Utama | Foto: ist
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Kantor Pemeringkatan Universitas Diponegoro menggelar Webinar SDGs seri ke-5 dengan mengusung tema “Sistem Pembelajaran Daring yang Berkualitas di Era New Normal”. Diskusi ini sangat menarik karena sejalan dengan penerapan aturan baru pemerintah terkait penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi Covid-19.

Seperti diketahui, pemerintah membuat keputusan tetang panduan penyelenggarana pembelajaran pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru 2020-2021 selama masa pandemi coronavirus disease (covid-19).

Panduan yang disusun dari hasil kerja sama dan sinergi antarkementerian ini bertujuan mempersiapkan satuan pendidikan saat menjalani masa kebiasaan baru.

Keputusan itu disusun Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Kementerian Agama (Kemenag), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dan Komisi X DPR.

Dalam SKB 4 menteri itu diketahui bahwa pada Juli 2020 sekolah akan memulai kegiatan pendidikannya. Mendikbud Nadiem Anwar Makarim mengatakan, prinsip dikeluarkannya kebijakan pendidikan di masa pandemi covid-19 adalah untuk memprioritaskan kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, keluarga, dan masyarakat.

Jadi, meskipun tahun ajaran baru bagi pendidikan anak usia dini (PAUD), pendidikan dasar, dan pendidikan menengah pada 2020/2021 tetap dimulai Juli 2020 tetapi dengan protokol yang ketat.

Baca juga: Undip Siapkan Sejumlah Prodi Berbasis Market Demand

Untuk daerah yang berada di zona kuning, oranye, dan merah, dilarang melakukan pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan. Satuan pendidikan pada zona-zona tersebut tetap melanjutkan belajar dari rumah.

Dari data yang diterima, hingga Senin (15/6), ada 94% peserta didik yang berada di zona kuning, oranye, dan merah di 429 kabupaten/kota sehingga mereka harus tetap belajar dari rumah. Adapun peserta didik yang saat ini berada di zona hijau hanya berkisar 6%.

Dengan adanya aturan ini, Nadiem mengajak semua pihak termasuk seluruh kepala daerah, kepala satuan pendidikan, orangtua, guru, dan masyarakat bergotong royong mempersiapkan pembelajaran di tahun ajaran dan tahun akademik baru.

Lalu bagaimana masyarakat, orang tua murid, tenaga pendidik dan stake holders terkait dalam menghadapi kebijakan tersebut, guna mewujudkan sistem pembelajaran daring yang berkualitas?

Dalam diskusi ini, hadir beberapa pakar pendidikan sebagai pembicara, yaitu: Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC., Ph.D, Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan;  Prof. Mohammad Nasir, Ph.D. Akt., Menteri Ristekdikti Periode 2014-2019 dan Staf Khusus Wapres RI; Prof. Dr. Yos Johan Utama, SH., M.Hum., Rektor Universitas Diponegoro; Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D, Rektor Universitas Terbuka; Dina Wahyuni, GCLTHE, M.Bus.Acc, Ph.D dari Swinburne University of Technology Australia.

Rektor Universitas Diponegoro akan memberi sambutan untuk mengawali acara ini. Adapun moderator yang memimpin jalannya acara adalah Prof. Budi Setiyono, S.Sos., M.Pol.Admin., Ph.D selaku Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan Undip.

Webinar akan diselenggarakan pada hari Senin, 29 Juni 2020 pada pukul 10:00–12:30 WIB dan ditayangkan secara live via Zoom dan Youtube. Untuk mengikuti acara ini, peserta dapat mengisi form pendaftaran melalui link https://bit.ly/PendaftaranSeri5 lalu link untuk join Zoom meeting dan Youtube akan dikirimkan melalui email. E-certificate tersedia bagi peserta Webinar SDGs seri ke-5. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*