Wisma di Hutan Wanagama Bakal Dijadikan Tempat Karantina Warga Gunungkidul

Tempat karantina bagi warga yang reaktif covid-19 di Hutan Wanagama | Foto: radarjogja.jawapos.com
Mari berbagi

JoSS, JOGJA – Wisma di Hutan Wanagama bakal dijadikan lokasi karantina bagi warga Gunungkidul yang hasil rapid test Covid-19-nya reaktif. Hal itu berdasarkan kesepakatan kerjasama Pemerintah Kabupaten Gunungkidul Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM).

Wakil Bupati Gunungkidul Immawan Wahyudi mengatakan hutan Wanagama ternyata lokasi yang sangat ideal untuk karantina. Dari sisi jarak, wisma di Hutan Wanagama hanya berjarak sekitar 35 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta. Jadi sangat ideal dalam beberapa faktor, menurut Immawan.

Pertama, kamar di wisma itu sudah memenuhi standar hotel. Paling tidak hotel bintang dua atau tiga. Wisma itu baik secara fisik maupun dari aspek kesehatan juga mendukung.

“Ada delapan kopel yang dibangun Kementerian PUPR yang sangat representatif dengan jumlah kasur mencapai 32 unit,” ujar Immawan, seperti dikutipd ari Tempo.co.

Lalu, terdapat sejumlah kamar lain yang juga sudah dibangun sejak lama. Bila digabung, kamar-kamar itu bisa dihuni 90 pasien karantina.

Sementara dari sisi lingkungan juga mendukung, “Lokasi hutan ini jelas baik dari aspek lingkungan karena alami, sebagai hutan yang teduh dan amat sangat luas sehingga memungkinkan untuk kegiatan olahraga juga,” ujarnya.

Baca juga: Jumlah Kasus Positif Covid-19 di Bantul Tengah Menuju Puncak

Immawan menilai, di kawasan itu, lingkungan sosial masyarakat juga sangat mendukung startegi social and physical distancing, “Secara umum kawasan hutan ini layak untuk membantu penanganan Covid 19 maupun dalam menghadapi bencana non alam lainnya,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Dekan Fakultas Kehutanan UGM, Budiadi mengatakan terdapat sekitar 35 kamar dalam wisma, plus delapan cottage yang berada di hutan pendidikan Wanagama. Ruang-ruang tersebut bisa difungsikan sebagai ruang isolasi bagi pasien Covid-19.

“Kami secara proaktif mengusulkan wisma Wanagama sebagai tempat atau lokasi isolasi warga Gunungkidul yang terinfeksi Covid-19. Universitas pun mendukung untuk meningkatkan fasilitas disini,” ujarnya.

Pihak UGM dan Pemkab Gunungkidul juga telah meninjau kembali fasilitas yang ada di Hutan Wanagama. Sekaligus melakukan asesmen terhadap kelayakan dan peralatan, serta perlengkapan yang diperlukan untuk melakukan isolasi mandiri.

Menurut, Camat Playen Kabupaten Gunungkidul, Muhammad Setyawan Indrianto, tawaran Wanagama sebagai lokasi isolasi mandiri ini sangat baik. Nantinya, Wanagama bisa menjadi alternatif tempat karantina tidak hanya bagi warga Playen, tetapi juga masyarakat Gunungkidul.

“Kebiasaan karantina di rumah itu tidak efektif sehingga mohon kerja sama dengan Wanagama sebagai alternatif tempat karantina, jika di rumah sakit tidak lagi memenuhi,” katanya.

Setyawan menyampaikan jika nantinya Wanagama dijadikan sebagai tempat isolasi mandiri, maka semua pembiayaan warganya selama menjalani isolasi akan ditanggung oleh Pemkab Gunungkidul. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*