Siapkan Berkasmu, Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang IV Dibuka Setelah Lebaran

Ilustrasi | Foto: antara
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Pemerintah akan membuka kembali pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang IV yang akan dilaksanakan mulai Selasa (26/5) atau sehari setelah Hari Raya Idul Fitri  1 Syawal 1441 Hijriyah.

“Jadi gelombang IV kami buka tanggal 26 Mei, setelah lebaran. Jadi setelah lebaran teman-teman bisa mainkan handphone-nya untuk join batch IV,” ujar Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari, dalam sebuah diskusi dalam jaringan Minggu (17/5).

Denni mengatakan ada dua alasan besar kenapa manajemen kartu prakerja tidak segera membuka pendaftaran gelombang IV lebih cepat. Pertama, adalah untuk memberi kesempatan kepada nama-nama yang diusulkan kementerian dan lembaga untuk mendaftar.

Saat ini kementerian dan lembaga telah diminta untuk mengusulkan nama-nama calon pendaftar yang diprioritaskan dalam program tersebut.KARTU

Nama itu dijaring dari masyarakat yang terkena pemutusan hubungan kerja atau dirumahkan, maupun pekerja di sektor terdampak Covid-19, misalnya di pariwisata, industri, dan lainnya.

Baca juga: AP II Batasi Jumlah Penumpang Pesawat Hanya 50%

“Saat ini kementerian dan lembaga sudah memberikan datanya kepada kami, tetapi kami ketika memproses dengan pendaftaran yang ada di website ternyata tidak terlalu banyak yang mendaftar ke sana,” ujar Denni.

Dia berharap dengan memperpanjang waktu ini, calon pendaftar bisa mulai melengkapi persyaratan yang ada di website.

Alasan kedua, kata Denni, saat ini fokus timnya cenderung terbagi antara mempersiapkan batch IV dengan melakukan rekonsiliasi transaksi dan pembayaran insentif untuk peserta gelombang I hingga gelombang III.

“Perhatian tim IT terpecah dua sehingga kami sedang menyelesaikan backlog yang terjadi di sistem kami,” tuturnya, dikutip dari Tempo.co.

Karena itu, Denni mengatakan penyelenggara saat ini hingga lebaran nanti akan mengebut penyelesaian backlog pada gelombang I hingga gelombang III sistem kartu prakerja. Sehingga, pendaftaran gelombang IV bisa dibuka setelah lebaran.

Saat ini, program kartu prakerja telah berjalan sebanyak tiga gelombang. Pada gelombang pertama ada 168.111 orang yang berhak mendapat fasilitas tersebut, gelombang II meloloskan 288.154 orang, dan pada pekan lalu, 11 Mei 2020, dikabarkan untuk sementara sekitar 224.000 orang masuk pada gelombang III. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*