Ngesti Pandawa

COVID-19 UPDATE

KEMARIN

HARI INI

NAIK / TURUN

Total Penderita

22.271

22.750

2%

Kasus Baru

526

479

-9%

Update: 25 Mei 2020 - Sumber: Kementrian Kesehatan RI

Ratusan Ribu Kendaraan Tinggalkan Jakarta, Arus Lalu Lintas Tol Cikampek Mulai Padat

Foto: liputan6
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, CIKAMPEK – Di tengah pandemi virus corona dan larangan mudik yang diterapkan pemerintah, nyatanya tak manyurutkan niat masyarakat di Ibu Kota untuk pulang kampung merayakan Idul Fitri bersama keluarga. Hal itu terlihat dari adanya peningkatan kepadatan arus lalu lintas di tol Cikampek pada Kamis (21/5).

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. mencatat total 214.014 kendaraan meninggalkan Jakarta via tol Cikampek melalui arah Timur, arah Barat dan arah Selatan.

Angka ini turun 60 persen dari lalu lintas (lalin) di periode Lebaran tahun 2019. Untuk distribusi lalu lintas di ketiga arah adalah sebesar 39 persen dari arah timur, 36 persen dari barat dan 25 lainnya dari selatan.

Lalin meninggalkan Jakarta dari arah timur merupakan kontribusi lalin dari dua Gerbang Tol (GT) pengganti GT Cikarang Utama, yaitu GT Cikampek Utama untuk pengguna jalan menuju Jalan Tol Trans Jawa dan GT Kalihurip Utama untuk pengguna jalan menuju Jalan Tol Cipularang-Padaleunyi.

Sementara kendaraan yang meninggalkan Jakarta dari arah Barat berasal dari GT Cikupa Jalan Tol Merak-Tangerang dan dari arah Selatan berasal dari GT Ciawi Jalan Tol Jagorawi.

Baca juga: Pengoperasian Kembali Angkutan Umum, Bingungkan Pelaku Transportasi

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan kepadatan terjadi karena penyekatan arus mudik dan pengecekan disiplin Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang dilakukan petugas di lapangan.

Dikutip dari CNNIndonesia, pengetatan dilakukan di lokasi check point dengan menambah jumlah petugas gabungan. “Polri tidak ada penambahan tapi, ditambah dari instansi terkait Dinas Perhubungan,” ujarnya, Kamis (21/5).

Selain itu, kata Sambodo kepadatan juga terjadi akibat peningkatan arus mudik. Pihaknya mencatat lonjakan jumlah pemudik yang mencoba meninggalkan Jabodetabek pada 19-20 Mei 2020.

Peningkatan tercermin dari jumlah kendaraan yang diminta memutar balik pada Selasa dan Rabu lalu yang mencapai 626 kendaraan. Kendaraan itu terdiri dari 183 kendaraan umum dan 443 kendaraan pribadi.

“Rinciannya hari Selasa ada 325 kendaraan dan Rabu 301 kendaraan yang diminta putar balik,” terangnya.

Adapun jumlah kendaraan yang diminta memutar balik di tol Cikampek sejak 24 April lalu mencapai 7.907 kendaraan. Berdasarkan jenisnya, 4.956 kendaraan yang diminta putar balik adalah kendaraan pribadi dan 2.951 adalah kendaraan umum. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*