Ngesti Pandawa

COVID-19 UPDATE

KEMARIN

HARI INI

NAIK / TURUN

Total Penderita

27.549

28.233

2%

Kasus Baru

609

684

12%

Update: 3 Juni 2020 - Sumber: Kementrian Kesehatan RI

Ngemall Di Masa Pandemi, 100 Pengunjung Diswab Test Corona

Swab tes secara acak kepada pengunjung Mall Paragon | Foto: koran-jakarta.com
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, SEMARANG – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) di Kota Semarang sepertinya tak menyurutkan niat masyarakat untuk mengunjungi pusat perbelanjaan/Mall tiga hari menjelang Lebaran. Untuk itu Pemkot Semarang menggelar swab tes secara acak kepada 100 pengunjung Mall Paragon.

Guna mengantisipasi penyebaran virus corona, petugas gabungan dari Dinas Kesehatan, Satpol PP Kota Semarang, dan Detasemen Polisi Militer (Denpom) melakukan tes swab acak kepada 100 pengunjung dan karyawan.

Dikutip dari Detik.com, pada Rabu (20/5) pengunjung terus berdatangan. Namun masyarakat sudah menyadari dan melaksanakan standar keselamatan guna mencegah penyebaran virus corona, seperti melakukan cuci tangan dengan hand sanitizier dan memakai masker.

Beberapa kios di salah satu mal terbesar di Semarang itu masih terlihat tutup, sementara masyarakat tetap menjaga jarak antar pengunjung. Rata-rata pengunjung datang hanya untuk refreshing atau berbelanja pakaian.

Sebelum masuk mal, para pengunjung dicek suhu tubuh dan diminta cuci tangan pakai hand sanitizer yang sudah disediakan. Kemudian petugas Satpol PP secara acak meminta pengunjung melakukan tes swab. Mereka kemudian menunggu antrean di lokasi yang sudah disiapkan.

Baca juga: Nekat Beroperasi Saat PKM, Rumah Karaoke di Argorejo Bakal Ditutup Permanen

Petugas Dinkes Kota Semarang yang sudah memakai alat pelindung diri (APD) melakukan pendataan dan pengambilan sampel swab dengan alat yang sudah disiapkan. Para pengunjung yang menunggu antrian juga menempati kursi yang telah ditentukan jarak amannya.

Hasil tes swab kemudian akan diberitahukan tiga hari lagi. Para pengunjung yang dites sudah mengumpulkan identitas, termasuk nomor ponsel.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Semarang Fajar Purwoto mengatakan tes swab ini adalah permintaan dari manajemen Paragon Mall, sebagai antisipasi penyebaran virus corona di Kota ini.

“Minta diadakan pemeriksaan, untuk kenyamanan pengunjung. Ini gratis, acak untuk 100 orang,” kata Fajar di Paragon Mall. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*