Pulang Kampung, 1.477 WNI Kru Kapal Pesiar Jerman Telah Tiba di Indonesia

Anggota kru kapal pesiar AIDAstella dan AIDAnova telah kembali ke Indonesia | Foto: tempo.co
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Kedutaan Besar (Kedubes) Republik Indonesia untuk Jerman mencatat 1.477 Warga Negara Indonesia (WNI) kru kapal pesiar Jerman dipulangkan selama sebulan terakhir. Sebanyak 1.062 WNI di antaranya dipulangkan pada 10 – 11 Mei 2020.

“Seluruh kru dinyatakan bebas Covid-19 karena telah melakukan tes sebanyak dua kali,” ujar Duta Besar RI untuk Berlin Arif Havas Oegroseno dalam keterangan resmi dikutip Selasa (12/5).

Arif merinci tiga pesawat dicarter oleh TUI Cruises untuk 821 kru kapal Mein Schiff 3 (MS-3) dan terbagi dalam tiga penerbangan selama dua hari terakhir.

Pertama, Air Eropa AEA722 untuk 295 kru berangkat pada Minggu (10/5) pukul 20.00 dari Hamburg dan tiba di Jakarta pada Senin (11/5) pukul 15.35 WIB.

Kedua, pesawat TUI Fly TB 8331 yang mengangkut 242 kru pada Senin (11/5) dari Hamburg dan direncanakan tiba di Denpasar pukul 10.50 WITA.

Ketiga, pesawat TUI Fly TB 8451 membawa 284 kru dari Hamburg dan dijadwalkan tiba di Jakarta pada pukul 10.00 WIB.

Selain itu, AIDA cruise juga menyewa satu pesawat Condor dengan nomor penerbangan DE8536 untuk mengangkut 241 kru kapal AIDAmar dan AIDAblu.

Baca juga: Kisah Tragis ABK WNI di Kapal China Kerja 18 Jam Sehari, Makan ‘Umpan Ikan’

Pesawat ini berangkat dari Frankfurt pada Senin (11/5) pukul 16.20 dan dijadwalkan tiba di Jakarta pukul 12.50 WIB.

Menurut Arif, kru kapal MS-3 jumlahnya paling banyak karena merupakan gabungan dari empat kapal yaitu Mein Schiff 1, Mein Schiff 2, Mein Schiff 3, dan Mein Schiff Herz.

Arif juga mengingatkan perusahaan yang memulangkan ABK harus memenuhi dua syarat utama sebelum keberangkatan. Pertama, perusahaan diharuskan melakukan tes Covid-19 terhadap seluruh kru.

Kedua, untuk pengaturan teknis, perusahaan juga harus mengajukan flight clearance untuk pesawat carter dan mempersiapkan kendaraan kru dari bandara di Indonesia ke daerah masing-masing.

WNI di kapal pesiar Jerman menyambut keputusan perusahaan untuk memulangkan mereka. Sebab, menurut mereka, hal itu lebih baik dari pada tinggal di tengah laut tanpa kegiatan karena tidak ada tamu kapal. Setelah kondisi normal, mereka yakin akan dapat bekerja kembali.

Selain menjalani tes swab pertama, kru harus menjalani isolasi khusus dan dipisahkan dengan kru yang sudah menjalani isolasi tes.

“Kami boleh makan di restoran yang memang khusus diperuntukkan untuk mereka yang sudah di tes swab dan dinyatakan negatif,” ujar Mega Tri Wahyu, salah satu kru asal Jakarta.

Kemudian, sebelum kepulangan ke Indonesia, kru juga harus menjalani tes lagi. “Kami tidak diperbolehkan berbaur dan bergabung dengan kru yang belum dites,” tambahnya,” ujarnya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*