PSBB Dilonggarkan, Pemda DIY Belum Berencana Buka Objek Wisata

Ilustrasi | Foto: antaranews.com
Mari berbagi

JoSS, JOGJA – Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Rahardjo mengatakan, pemerintah DIY belum berancang-ancang membuka objek wisata di wilayahnya dalam waktu dekat. Kendati pemerintah pusat berencana melonggarkan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

“Kalau mereka (warga dari luar Yogya) berusaha datang dengan tujuan ke objek wisata, maka mereka tidak akan bisa menikmati karena 100 persen objek wisata masih tutup,” katanya seperti dikutip dari Tempo.co.

Untuk beroperasi kembali, lanjutnya seluruh komponen pendukungnya harus siap terlebih dulu. Baik langkah mitigasi dari potensi penularan sesuai standar protokol yang ada, destinasi, dan wisatawannya juga harus siap.

“Termasuk moda transportasi dan akomodasinya, juga harus siap menerapkan prinsip pencegahan penularan. Untuk itu, kami belum bisa memastikan kapan dibuka kembali objek wisatanya,” tuturnya.

Singgih menuturkan hasil koordinasi terakhir dengan berbagai instansi dari provinsi hingga kabupaten serta desa-desa wisata, sepanjang Mei 2020 ini belum ada rencana Yogyakarta mengoperasikan kembali objek wisata.

Pihak Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 DIY juga belum mengeluarkan rekomendasi pembukaan kembali objek wisata, “Jadi kalau ada yang nekat ke objek wisata apalagi sampai berkerumun, jelas akan dibubarkan demi pencegahan penularan virus,” ujar Singgih.

Baca juga: Juni Hotel dan Restoran di Jogja Mulai Beroperasi, Begini Aturannya

Pembukaan objek wisata kembali, ujar Singgih, tak akan menjadi keputusan sepihak Dinas Pariwisata. Melainkan juga menjadi kesepakatan bersama dari berbagai unsur baik pemerintah hingga Kepolisian.

Pihaknya pun mengingatkan, dengan banyaknya kasus pemudik yang mencoba menerobos perbatasan atau wisatawan yang nekat berpergian melalui jalan-jalan tikus akan sia-sia belaka.

Sebab dinas pariwisata kabupaten/kota menggandeng pengelola wisata menjaga kawasannya steril dari kunjungan dan kerumunan pada masa pandemi. “Ada memang wisatawan yang mencoba nekat datang ke obyek wisata di masa pandemi ini. Namun telah diperingatkan dan bukan warga asing, tapi warga lokal,” ujarnya.

Sembari menunggu situasi memungkinkan, Singgih menuturkan, saat ini dilakukan pembenahan pada 50 objek wisata Yogyakarta, untuk bersiap menyambut wisatawan kelak.

Pembenahan itu khususnya mencakup perbaikan standar layanan kebersihan dan kesehatan. Salah satunya membangun 250 unit fasilitas cuci tangan. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*