Mulai Mei, Google Gratiskan Layanan Telekonferensi Meet

Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Google gratiskan layanan telekonferensi video miliknya yakni Google Meet bagi semua orang yang memiliki akun Google. Aplikasi video conference ini sebelumnya dikhususkan hanya untuk pengguna yang berlangganan G Suite saja.

”Hari ini, kami membuat Google Meet, produk konferensi video premium kami, gratis untuk semua orang, dengan ketersediaan yang tersedia selama beberapa pekan mendatang,” ujar Vice President & GM, G Suite, Javier Soltero, dalam blog resmi Google, Rabu (29/04/20).

Sejak wabah pandemi virus Corona melanda, penggunaan layanan video telekonferensi meningkat pesat. Karena hal tersebut, Google Meet secara gratis dapat digunakan semua orang yang memiliki akun Google.

Sebelumnya, sejak pertama kali diumumkan pada tahun 2017, Google Meet tersedia hanya bagi pelanggan Google G Suite saja, jangkauannya pun hanya meliputi sekolah, lembaga pemerintahan dan bisnis.

Beberapa waktu lalu, Google Meet sempat merilis empat fitur terbarunya, diantaranya dapat menampilkan 16 peserta sekaligus dalam satu layar yang awalnya hanya dapat empat orang, hampir mirip seperti layanan telekonferensi video Zoom.

Untuk mengaksesnya, pengguna hanya membutuhkan akun Gmail. Perusahaan sebelumnya telah mengumumkan bahwa mereka akan membuat fitur-fitur premium layanan gratis sementara untuk pelanggan G Suite, tetapi sekarang akan gratis untuk semua orang.

Baca juga: Rawan Pencurian Data, BNPT Larang Seluruh Staf Gunakan Aplikasi Zoom

Google dalam blognya menulis akan menggratiskan layanan video konferensinya mulai Mei 2020.

“Mulai awal Mei, siapa pun yang memiliki alamat email dapat mendaftar pada Meet dan menikmati banyak fitur yang sama dan tersedia untuk pengguna bisnis dan pendidikan kami, seperti penjadwalan dan pembagian layar yang sederhana, teks waktu nyata, dan tata letak yang beradaptasi dengan preferensi Anda, termasuk tampilan ubin yang diperluas,” tulis Google.

Saat ini aplikasi konferensi video yang lebih populer adalah Zoom yang meningkat drastis selama pandemi virus corona.

Namun, aplikasi ini mendapat kecaman karena masalah keamanan dan privasi, sehingga beberapa pengguna mencari alternatif lain.

Google menulis akan secara bertahap memperluas ketersediannya ke lebih banyak orang selama seminggu ke depan.

“Ini berarti Anda mungkin tidak dapat langsung membuat rapat di meet.google.com, tetapi Anda dapat mendaftar untuk diberi tahu saat telah tersedia,” tulis Google. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*