COVID-19 UPDATE

KEMARIN

HARI INI

NAIK / TURUN

Total Penderita

135.123

137.468

2%

Kasus Baru

2.307

2.345

2%

Update: 15 Agustus 2020 - Sumber: covid19.go.id

Kapolda Jateng dan Pangdam IV/Diponegoro Perketat Pengamanan Perbatasan Brebes

Kapolda Jateng dan Pangdam IV/Diponegoro lakukan pengecekan di pos pantau terpadu Tol Pejagan, Kamis (21/5) | Foto: Istimewa
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, BREBES – Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Drs Ahmad Luthfi bersama Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi melakukan pengecekan di pos pantau terpadu Tol Pejagan, Kabupaten Brebes, Kamis (21/5). Pengamanan perbatasan diperketat guna mengantisipasi kendaraan pemudik yang masuk wilayah Jateng di masa pandemi.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol.Ahmad Luthfi mengatakan semangat anggota tetap tinggi untuk melakukan penyekatan terhadap pemudik yang akan masuk ke provinsi ini dalam upaya mencegah penyebaran COVID-19.

“Kami lakukan penyekatan dengan skala prioritas,” kata kapolda usai memantau kondisi jalur tol mulai dari Semarang hingga Brebes, Kamis.

Ahmad Luthfi mengatakan, Operasi Ketupat Candi sudah dilakukan selama 27 hari. Aparat telah melakukan penyekatan di Tol Pejagan yang merupakan pintu masuk wilayah Jawa Tengah. Selama operasi, sudah 4.722 kendaraan yang hendak masuk Jateng berhasil diputar balik.

“Kita melakukan penyekatan terkait arus balik sekala prioritas. Kita sudah melakukan penyekatan selama operasi ini hampir 4.722 kendaraan untuk arus mudik. Sehingga akan terus kita lakukan dalam rangka mengurangi sebaran covid-19,” jelasnya Kapolda.

Baca juga: Disalahgunakan, DIY Minta Kebijakan Pelonggaran Transportasi Dievaluasi

Pihaknya telah berkoordinasi dengan Polda Jawa Barat dalam upaya penyekatan pemudik. Ia menuturkan prosedur dalam penyekatan dilakukan sesuai protokol yang berlaku, mulai pemeriksaan suhu penumpang kendaraan hingga pengecekan alasan perjalanan yang dilakukan.

“Pertama kita lakukan cek secara fisik, yang kedua secara manual. Protap kesehatan kita lakukan, baik suhu dan lain sebagainya,” katanya.

Setelah itu, mereka akan ditanya terkait kepergiannya apakah dalam rangka mudik atau ada keperluan lain.

“Dan yang terakhir diterangkan apakah yang bersangkutan betul mudik atau ada keperluan lain. Dari situ kita akan tahu bahwa oh masyarakat yang ini wajib kita lakukan putar balik, jadi anggota di lapangan sudah diberi tahu terkait penanganan mereka-mereka yang akan menuju ke Jawa Tengah,” tambah Kapolda.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Pol.Islandar F.Sutisna mengatakan arus kendaraan yang melintas di ruas tol Trans Jawa pada H-3 Lebaran tersebut relatif lengang.

“Tidak ada kemacetan. Penyekatan dilakukan terhadap kendaraan pemudik. Untuk kendaraan pengangkut logistik tetap diperbolehkan melintas,” katanya. Selain itu, Kapolda bersama rombongan juga mengunjungi Pos PAM Losari, Cirebon. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*