Ngesti Pandawa

COVID-19 UPDATE

KEMARIN

HARI INI

NAIK / TURUN

Total Penderita

22.271

22.750

2%

Kasus Baru

526

479

-9%

Update: 25 Mei 2020 - Sumber: Kementrian Kesehatan RI

Catat! Kereta Luar Biasa Hanya Untuk Tiga Kepentingan Ini

Ilustrasi | Foto: elshinta.com
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (KAI- Persero) menegaskan pengoperasian kereta api jarak jauh luar biasa yang untuk mengakomodasi tiga kepentingan perjalanan masyarakat di tengah pandemi corona.

Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo mengatakan untuk bisa menggunakan layanan kereta api ada sejumlah protokol yang harus dipenuhi para para.

Protokol itu sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 25 Tahun 2020 Tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Mudik Idul Fitri Tahun 1441 H dan surat edaran Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19.

“Sesuai itu, maka sejak 12 Mei kami hanya menjalankan kereta luar biasa untuk 3 kepentingan,” ujarnya dalam Dialog Respon Covid-19 yang digelar BNPB, Kamis (21/5).

Dilansir dari CNNIndonesia, tiga kepentingan itu adalah, perjalanan dinas, bisnis dan repatriasi. Untuk bisa menggunakan layanan kereta, masyarakat harus memiliki kelengkapan administrasi berupa KTP, laporan perjalanan serta surat dari instansi berwenang.

Baca juga: Begini Skenario New Normal Yang Diterapkan PT KAI

Selain itu, penumpang juga wajib menunjukkan surat bebas Covid-19 berdasarkan hasil tes Polymerase Chain Reaction (PCR) atau rapid test. Jika calon penumpang tak memenuhi ketentuan adminstratif tersebut, Didiek memastikan bahwa pembelian tiket tak dapat dilakukan di stasiun keberangkatan.

Ia menegaskan, tiket perjalanan kereta luar biasa tersebut juga tak dijual secara online baik melalui situs resmi PT KAI maupun agen perjalanan. “Surat dinas harus disertai dengan surat keterangan sehat dari instansi yang berwenang,” imbuhnya.

Didiek juga memastikan bahwa PT KAI akan melakukan pengecekan berlapis terkait persyaratan perjalanan kepada para penumpang. Di stasiun keberangkatan, telah bersiaga petugas gabungan yang terdiri dari karyawan PT KAI, Dinas Perhubungan, serta Dinas Kesehatan setempat.

“PT KAI siap membantu teman-teman bagi yang melakukan perjalanan bisnis peran tugas dan teman-teman yang melakukan perjalanan repatriasi dari luar negeri menuju rumah yang bersangkutan. Kami siap melayani masyarakat Indonesia selamat, aman dan sehat sampai tujuan,” tegasnya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*