Stafsus Yang Mundur Diminta Untuk Keluar Dari Proyek Kartu Prakerja

Foto: ruangguru
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Staf khusus presiden yang mengundurkan diri karena dikecam akibat perbuatannya menyurati camat untuk melakukan sesuatu, diminta juga keluar dari proyek kemitraan dengan pemerintah. Adamas Belva Syah Devara, Stafsus yang mundur, juga diminta membawa keluar Ruangguru dari proyek kemitraan Kartu Pra Kerja yang didanai pemerintah sebesar Rp 5,6 triliun.

Permintaan itu disampaikan pendiri Perhimpunan Pendidikan Demokrasi, Rachland Nasidik, serta Wakil Ketua Fraksi PAN DPR RI, Saleh Partaonan Daulay, dalam rilisnya kepada media massa. Rachland dengan tegas meminta agar Adamas Belva Syah Devara yang juga CEO Ruangguru segera mencabut Ruangguru dari kemitraan Kartu Prakerja dengan pemerintah.

Kalau itu tidak dilakukan, Rachland menilai pengunduran diri Belva dari jabatan staf khusus Presiden Joko Widodo tak lebih dari cara untuk melindungi kepentingan bisnisnya sendiri di Ruangguru. “CEO Belva Devara sebaiknya membawa mundur Ruangguru dari kemitraan dengan pemerintah. Mundur dari stafsus itu bukti akal budi. Ruangguru masih dipertahankan itu bukti akal-akalan,” ujar Rachland melalui keterangan tertulis, Rabu (22/4/2020).

Menurut Rachland, pengunduran diri Belva sebagai stafsus adalah manifestasi dari tuntutan publik atas dugaan konflik kepentingan dalam kepesertaan Ruangguru sebagai mitra proyek pemerintah. Dia menambahkan, akar konflik kepentingan itu bukan dari kantor Kementerian Koordinator Perekonomian yang selama ini disebut Belva sebagai pihak yang berwenang menentukan kepesertaan Ruangguru. “Akarnya ada di Istana, pada kejadian ketika stafsus presiden tidak bisa memberi rekomendasi terbaik pada presiden, bahwa sesuai pendapat publik, pelatihan online saat ini tidak dibutuhkan,” kata Rachlan yang juga politisi Partai Demokrat.

Baca juga: Banyak Pelatihan Online Gratis di Sosmed, Kenapa Program Prakerja Mahal ?

Terpisah, Wakil Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay menilai keputusan Adamas Belva tersebut belum menghilangkan polemik di tengah masyarakat terkait dengan respons terhadap pemilihan Ruangguru yang ditunjuk sebagai mitra pelaksana pelatihan online program Kartu Prakerja.

Saleh menganggap pengunduran diri itu belum tentu serta-merta akan menghilangkan polemik dan perdebatan di publik. Masalahnya, polemik itu sendiri muncul sebagai respons terhadap pemilihan Ruangguru yang ditunjuk sebagai mitra pelaksana Kartu Prakerja,” kata Saleh di Jakarta, Selasa (21/4).

Politisi PAN ini menilai, penunjukan Ruangguru sebagai mitra pelaksana Kartu Prakerja dianggap masyarakat sebagai hal yang luar biasa karena posisi Belva adalah CEO Ruangguru sekaligus Staf Khusus Presiden.

Belva diketahui mengundurkan diri sebagai stafsus Jokowi pada Selasa (21/4) kemarin di tengah polemik kemitraan Kartu Prakerja. Perlu diketahui, Belva menjadi CEO Ruangguru yang merupakan salah satu dari delapan perusahaan rintisan (start-up) yang menjadi mitra prakerja pemerintah.

Pengunduran dirinya ini dilakukan di tengah polemik Kartu Prakerja yang menuai kritik karena pelibatan sejumlah platform digital dalam pelaksanaannya. Sebagai CEO Ruangguru, Belva dinilai punya konflik kepentingan karena perusahaan yang dipimpinnya itu merupakan salah satu mitra prakerja. (wid)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*