Kisah Horor Pemudik di Sragen Yang Diisolasi di Rumah Angker

Ilustrasi | Foto: net
Mari berbagi

JoSS, SRAGEN – Lima orang pemudik di Desa Sepat, Masaran Sragen terpaksa dijebloskan ke rumah angker yang telah disulap menjadi ruang isolasi bagi warga yang tidak taat aturan. Sudah menjadi peraturan pemerintah bagi pemudik untuk melapor dan mengkarantina mandiri di rumah.

Namun, karena kedapatan keluyuran di luar rumah, warga ini akhirnya diisolasi di rumah yang terkenal angker di desa itu. Gedung tua di pinggir Jalan Sepat-Jirapan, Masaran ini sudah lama tidak digunakan karena terkenal keangkerannya. Gedung dengan pagar besi itu merupakan eks gudang kerajinan tas milik Mulyono, warga Dukuh Wonorejo RT 011/RW 003, Sepat, Masaran.

Gedung itu sudah 8-10 tahun terakhir tak digunakan dan dibiarkan kosong. Warga memberi julukan gedung di Dukuh Pucuk RT 013/RW 004, Sepat, itu sebagai rumah berhantu.

Mirip rumah hantu yang ada di film-film horror, bangunan ini terlihat suram, meski sudah dicat ulang dibeberapa bagian. Sebagian tembok retak-retak dan sekitar rumah ditumbuhi ilalang tinggi.

“Dulu gedung ini pernah ditinggali adik saya. Tetapi hanya betah sebulan lalu pindah. Katanya kalau malam sering ada suara ketukan pintu dari belakang. Kadang juga ada bayangan hitam berseliweran saat malam hari,” ungkap Kepala Desa (Kades) Sepat, Mulyono, seperti dikutip dari Solopos.com.

Baca juga: Puncak Penyebaran Virus Corona di Jateng Diprediksi Pada Mei-Juni

Gedung angker yang dijadikan rumah isolasi pemudik yang bandel di Desa Sepat, Masaran, Sragen, itu luasnya 10 meter x 10 meter dan menempati lahan 25 meter x 10 meter. Gedung itu dibersihkan para sukarelawan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Desa Sepat dua bulan lalu.

Di bagian luar pagar dipasang baliho atau MMT bertuliskan Rumah Isolasi Covid-19 Desa Sepat. Rumah angker itu sengaja dijadikan tempat karantina khusus bagi pemudik yang membandel atau melanggar komitmen karantina mandiri 14 hari.

Di bagian dalam sebelah utara gedung dipasang tirai-tirai sebagai sekat antartempat tidur. Tirai-tirai warna hijau itu seperti sekat di bangsal kelas III rumah sakit. Ada enam sekat tetapi hanya tiga ruang yang dipasang tempat tidur.

Antartempat tidur di rumah angker untuk isolasi pemudik Sragen yang bandel itu dipisahkan satu ruang kosong selebar 1,5 meter. Sejak dibersihkan dua bulan lalu, rumah berhantu itu baru terisi mulai Kamis (16/4) lalu.

Rokim, warga Pucuk, Sepat, menjadi penghuni pertama rumah lawas itu. Disusul Arie, warga Pucuk, dan terakhir Heri, warga Plosorejo, Sepat. Penanggujawab Rumah Isolasi Covid-19 Sepat, Hadi Mulyono, mengisahkan mereka rata-rata kasusnya sama, yakni melanggara komitmen untuk tidak keluar rumah.

Selain Rokim dan Arie, giliran Heri Susanto menyusul. Heri ini baru pulang dari Lampung pada Jumat (17/4) lalu. “Kemarin [Senin], anak saya minta dibelikan mainan tenda-tendanan itu. Saya belikan ke Sragen Kota. Ternyata ketahuan sukarelawan Satgas Covid-19. Mereka mencari saya ke rumah. Akhirnya, saya dibawa ke rumah ini pada Senin [20/4),” kata Heri Susanto kepada wartawan.

“Saya imbau para pemudik taati aturan pemerintah. Jangan sampai ikut-ikutan menghuni rumah berhantu. Tempatnya kurang nyaman karena agak angker. Kalau tinggal di sini rugilah. Semoga saya kuat tinggal di sini,” tambahnya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*