Hand Sanitizer Dari Kemensos Ditempel Gambar Bupati Klaten Jadi Gunjingan Netizen

Foto: twitter.com/jembarutama27
Mari berbagi

JoSS, KLATEN – Bupati Klaten Sri Mulyani mendadak viral, bukan karena prestasinya namun kini karena stiker gambar dirinya yang ditempel di botol hand sanitizer bantuan dari Kementerian Sosial yang dibagikan kepada masyarakat.

Hal itu tentunya mendapat beragam komentar dari warganet, bahkan banyak bermunculan meme atau gambar-gambar satir, mulai gambar patung Liberty yang berubah gambar dirinya, hingga logo kafe kenamaan Starbuck yang berubah menjadi gambar dirinya.

Menanggapi hal itu, Sri Mulyani mengakui hanya karena kesalahan penempelan. “Karena apa yang terjadi di dunia maya atau medsos beda dengan apa yang saya lakukan. Dan ini benar-benar dimanfaatkan seseorang dan saya sudah tahu persis siapa yang melakukan,” kata Sri, Selasa (28/9).

Mulyani mengungkapkan meskipun tahu yang melakukan, tetapi belum bersedia menjelaskan apa yang akan dilakukan. Alasannya itu persoalan internal tanpa menjelaskan internal partai atau birokrasi.

Dalam pandangan Mulyani, tahun ini adalah tahun politik sebab akan ada Pilkada. Bisa jadi soal hand sanitizer dikait-kaitkan. “Ini tahun politik akan ada Pilkada dan dikaitkan,” lanjutnya.

Terkait hal itu, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengaku sudah berkomunikasi dengan Bupati Klaten terkait kasus tersebut, Sri juga sudah meminta maaf dan memberi penjelasan.

Baca juga: Anjuran Diam Di Rumah Picu Jumlah Kehamilan di Sragen Naik 10%

“Sudah bicara dengan bupati dan minta maaf. Dan awalnya menurut Bu Bupati ada bantuan dari Bupati begitu di-blending ada penempelan stiker. Yang nempel ini mungkin pendukung atau bukan pendukung, tapi kan faktanya seperti itu,” kata Ganjar.

Menurutnya, Bupati Klaten Sri Mulyani sudah legawa dan meminta maaf soal itu. Ganjar kemudian mengimbau agar bantuan-bantuan tidak perlu diberi label seperti itu.

Terpisah, kepada wartawan di Klaten, Mulyani mengaku sudah selesai, termasuk soal sembako. “Ada kekeliruan penempelan hand sanitizer. Jadi ini murni kesalahan dan tidak ada niatan untuk memanfaatkan momentum untuk kepentingan pribadi,” sambung Mulyani.

Namun Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) tetap akan menindaklanjuti kejadian itu. Meskipun diakui keliru atau ada persoalan internal, Bawaslu telah berkoordinasi dengan Bawaslu Provinsi.

Saat ini kami melakukan pengkajian dari beberapa fakta yang ada dan melakukan koordinasi atau komunikasi intens dengan Bawaslu Provinsi,” ungkap ketua Bawaslu Kabupaten Klaten Arif Fathurohman, Selasa (28/4).

Arif mengatakan, jika temuan hand sanitizer itu mengandung unsur pelanggaran Pilkada, Bawaslu akan melakukan penanganan sesuai kewenangan. Jika kasus itu mengandung unsur pelanggaran perundang-undangan lainnya, pihaknya akan meneruskan ke instansi berwenang.

“Pasal 30 huruf e UU 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah menyatakan salah satu tugas dan wewenang Bawaslu adalah meneruskan temuan dan laporan yang bukan menjadi kewenangannya kepada instansi berwenang,” lanjut Atif, seperti dikutip dari Detik.com. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*