Disnakerperin Solo Catat Jumlah Karyawan Yang Dirumahkan Capai 2.474 Orang

Ilustrasi | Foto: merdeka.com
Mari berbagi

JoSS, SOLO – Dinas Tenaga Kerja dan perindustrian (Disnakerperin) Solo mencatat jumlah karyawan yang dirumahkan  mencapai 2.474 orang. Hal itu menyusul banyaknya perusahaan yang tidak beroperasi lagi akibat pandemi virus corona.

“Data per tanggal 21 April 2020, jumlah karyawan yang dirumahkan mencapai 2.474 orang,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Surakarta Ariani Indriastuti di Solo, Kamis.

Ia mengatakan 90 persen dari total karyawan yang dirumahkan ini berasal dari perhotelan. Sejak mewabahnya Covid-19 ada beberapa hotel di Kota Solo yang terpaksa tutup sementara karena rendahnya tingkat okupansi.

Terkait hal itu, pihaknya mengimbau para karyawan yang dirumahkan untuk segera mendaftar program kartu prakerja yang diselenggarakan oleh pemerintah pusat. Program pemerintah ini terbagi dalam beberapa gelombang, sehingga peluang diterima amsih sangat banyak.

Baca juga: Wali Kota Solo: Yang Buat Aturan Ya Jangan Ke Solo Dulu, Mau Saya Karantina?

“Kami memanfaatkan ruang publik untuk menyosialisasikan terkait kartu prakerja ini kepada para karyawan tersebut. Kalau dihubungi satu per satu kan tidak mungkin,” katanya, seperti dikutip dari Antara.

Ia mengatakan pemberitahuan terkait kartu prakerja tersebut diumumkan melalui “running text” yang ada di Balai Kota Surakarta, sosialisasi per kecamatan, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), serta melalui HRD masing-masing perusahaan.

“Mereka bisa langsung daftar melalui ‘online’, jadi kami tidak bisa memantau satu per satu. Kalau dulu kan maju ke provinsi dulu,” katanya.

Sementara itu, dikatakannya, untuk karyawan yang dirumahkan tersebut akan kembali dipekerjakan oleh masing-masing perusahaan saat pandemi Covid-19 berlalu.

“Kalau sudah selesai mereka bisa dipanggil lagi. Kalau sekarang mereka dipekerjakan sesuai kebutuhan perusahaan, termasuk upahnya juga sesuai hari masuk mereka,” katanya.

Sebelumnya, tepatnya pada dua minggu lalu jumlah karyawan yang dirumahkan di Kota Solo sebanyak 507 karyawan. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*