Ngesti Pandawa

COVID-19 UPDATE

KEMARIN

HARI INI

NAIK / TURUN

Total Penderita

75.699

76.981

2%

Kasus Baru

1.681

1.282

-24%

Update: 13 Juli 2020 - Sumber: Kementrian Kesehatan RI

PLN Solo Jamin Kebutuhan Listrik Bagi Perumahan di Solo Raya Terpenuhi

Penandatanganan MoU REI Komisariat Solo Raya dengan PLN UP3 Surakarta dan PLN UP3 Sukoharjo terkait pengadaan listrik di perumahan | Foto: Tono/joss.co.id
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, SOLO – PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Surakarta menjamin kelancaran pasokan seluruh energi listrik bagi perumahan di berbagai wilayah di Solo Raya yang dibangun para pengembang.

Hal itu tertuang dalam nota kesepahaman kerja sama antara Real Estate Indonesia (REI) Komisariat Solo Raya dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Surakarta dan Sukoharjo, yang telah ditandatangani kedua belah pihak, Selasa (17/3).

“Berapa pun kebutuhannya akan dipasok oleh PLN. Termasuk pengadaan material berupa pembangunan jaringan listrik menuju lokasi perumahan dan pengadaan trafo gratis bagi rumah subsidi,” kata Kepala PLN UP3 Surakarta Ari Prasetyo Nugroho.

Dia menambahkan, ide awal kerja sama ini karena adanya keluhan pengembang yang komplain sulit mendapatkan aliran listrik, padahal sudah membangun perumahan.

“Keluhan itu tidak benar, maka untuk menjawab keluhan itu, PLN UP3 Surakarta dan PLN UP3 Sukoharjo dengan para pengembang yang tergabung dalam wadah REI Komisariat Solo Raya melakukan nota kesepahaman terkait pengadaan energi listrik di perumahan,” tegasnya.

Dalam nota kesepahaman itu, PLN menjamin seluruh energi listrik bagi perumahan di berbagai wilayah di Solo Raya yang dibangun para pengembang, berapa pun kebutuhannya akan dipasok oleh PLN.

Baca juga: Pembangunan RSUD Jebres Batal, Lahan Bekas Bong Mojo Bakal Dibangun Kantor Kelurahan Baru

“Dukungan PLN tidak hanya penyediaan energi listrik saja, tapi juga pembangunan jaringan serta penyediaan trafo. Untuk pemasangan listrik di atas 200 KVA, trafonya harus beli sendiri, tapi di bawah 200 KVA, seperti rumah bersubsidi, trafonya disediakan gratis oleh PLN,” kata Ari didampingi La Ode Lawati, kepala PLN UP3 Sukoharjo.

Lebih lanjut Ari mengatakan, belakangan ini PLN gencar memburu pelanggan baru agar konsumsi listrik terus meningkat, demikian juga dengan pendapatan. Selain layanan biasa, PLN juga memiliki program layanan premium yang memberi keistimewaan bagi para pelanggan.

Menurut Ari, sudah banyak lembaga, kantor, maupun perusahaan yang memanfaatkan layanan premium tersebut. Contohnya rumah dinas Walikota Solo Loji Gandrung sudah menggunakan layanan PLN premium.

Sementara itu, Plt Ketua Real Estate Indonesia (REI) Komisariat Solo Raya Maharani dan mantan ketua REI Komisariat Solo Raya Anthony Abadi Hendro Prasetyo mengatakan dukungan PLN dalam pengadaan listrik di pembangunan perumahan secara langsung berarti juga mendukung pertumbuhan ekonomi khususnya di wilayah Solo Raya.

Pasalnya, di mana ada pembangunan perumahan, di situ ada pertumbuhan ekonomi baru. Karena sektor perumahan itu punya dampak luas, menggerakan hampir semua sendi perekonomian.

Dengan kerja sama itu, kata Maharani, diharapkan memberi semangat bagi para pengembang dalam membangun perumahan. Tahun ini ada ribuan perumahan dibangun pengembang di Solo Raya, baik nonsubsidi maupun subsudi.

“Dengan tersediannya aliran listrik di perumahan, akan mempercepat akad kredit sehingga mempercepat bergulirnya dana untuk kebutuhan bisnis,” ujarnya. (ton/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*