Pemkot Surabaya Tiadakan Car Free Day

Ilustrasi | Foto: twitter @infocarfreeday_
Mari berbagi

JoSS, SOLO – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melarang  kegiatan Car Free day (CFD) di sejumlah titik karena mewabahnya virus corona di Indonesia. Jumlah kasus positif terjangkit virus itu hingga kini mencapai 69 orang, dua di antaranya balita.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkot Surabaya, Ikhsan mengatakan keputusan peniadaan CFD diambil setelah melalui rapat koordinasi yang diselenggarakan pada Jumat (13/3). Rapat tersebut dihadiri dari berbagai unsur, yakni Tim Penyakit Infeksi Emerging dan Re-Emerging RSUD Dr. Soetomo, dinas-dinas terkait, Polrestabes Surabaya, Polres Tanjung Perak, TNI, dan para camat.

“Ini merupakan bagian dari kita dalam menjaga kesehatan masyarakat,” kata Ikhsan saat jumpa pers di Kantor Humas Pemkot Surabaya, Jum’at (13/3).

Dia menambahkan dari hasil koordinasi tersebut, tim yang menangani Virus Corona merekomendasikan agar menghindari kegiatan yang penumpukan massa. Salah satunya adalah CFD di Kota Pahlawan.

“Karena COVID sendiri bisa menular dari berkumpulnya massa. Kan kita tidak tau adanya penyebaran dari virus tersebut,” imbuhnya.

Baca juga: Solo KLB Corona: Siswa Belajar di Rumah, Tempat Wisata Ditutup

Sementara, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Surabaya, Eko Agus Supiyadi, menambahkan penghentian CFD ini memang hanya sementara. Untuk batas waktunya, Agus belum bisa memastikan sampai kapan.

“Penghentian CFD ini untuk sementara. Untuk sampai kapannya masih belum, nanti kami bicarakan lagi dengan tim,” ujar Agus.

Selain itu, Ketua Tim Penanganan CONVID 19, dr Soedarsono menjelaskan bahwa penularan dari virus ini ada dua cara, yakni langsung dan tak langsung.

“Yang pertama melalui cairan yang keluar dari batuk dan bersin, dan cairan tersebut memercik ke orang lain, sehingga menular. Untuk yang kedua dari sentuhan tangan bekas batuk atau bersin, yang akhirnya menempel di orang lain karena bersentuhan tersebut,” ungkapnya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*