Pelanggan PLN 450 VA Digratiskan 3 Bulan, Pelonggaran Kredit Bisa Lewat WA

Ilustrasi | Foto: net
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Pemerintah menjanjikan biaya pelanggan listrik PLN 450 VA atau yang oleh awam disebut 450 Watt bakal digratiskan pembayarannya selama 3 bulan terhitung mulai tagihan April 2020 sampai tagihan Juni 2020; sementara pelanggan listrik 900 VA diberi diskon pembayaran 50% alias hanya membayar separo dari tagihannya.

Demikian perntaan Presiden Joko Widodo, di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (31/3/2020) yang disiarkan secara langsung. Kebijakan tersebut merupakan salah satu prioritas dari program paket bantuan yang disediakan pemerintah untuk mengatasi dampak Covid-19 terhadap masyarakat bawah. Kalau diasumsikan tariff listriknya Rp 100.000 per bulan saja, dengan 24 juta pelanggan 450 VA harus disediakan dana Rp 2,4 triliun kali 3 bulan atau sekitar Rp 7,2 triliun. Sementara untuk diskon 900 VA jika asumsinya per pelanggan nilainya Rp 500 ribu, maka dengan jumlah pelanggan 7 juta nilainya sudah Rp 350 miliar, sehingga bantuan pembayaran listrik untuk masyarakat mencapai Rp 7,52 triliun.

Langkah tersebut dilakukan mengingat virus corona (Covid-19) dianggap sebagai jenis penyakit dengan faktor risiko yang menimbulkan kedaruratan kesehatan masyarakat. Karena itulah, pemerintah menerbitkan peraturan pemerintah (PP) dan Keputusan Presiden untuk landasan hukumnya. Dalam rapat cabinet diiputuskan untuk menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di masyarakat. Dengan status ini, pemerintah mengeluarkan sejumlah kebijakan bagi masyarakat yang terdampak wabah. Khususnya kelas ekonomi menengah ke bawah.

Selain membebaskan kewajiban pembayaran listrik bagi pelanggan 450 VA dan diskon 50% bagi pelanggan 900 VA, ada lima paket bantuan masyarakat lainnya yang disediakan pemerintah dalam konteks penerapan PSBB ini. Yaitu menambah jumlah keluarga penerima PKH (Program Keluarga Harapan-Red). dari 9,2 juta menjadi 10 juta keluarga penerima manfaat. Nilai manfaat pun dinaikan 25 persen dari semula. Untuk ibu hamil naik dari Rp 2,4 juta menjadi Rp 3 juta per tahun, untuk bantuan anak usia dinimenjadi  Rp 3 juta per tahun, untuk penyandang disabilitas Rp 2,4 juta rupiah per tahun.

Baca juga: Mulai April Tagihan Listrik Dihitung Berdasarkan Rata-Rata Pemakaian 3 Bulan Terakhir

Bentuk bantuan lainnya adalah menaikkan pemegang Kartu Sembako. dari 15,2 juta penerima menjadi 20 juta penerima manfaat dan nilainya naik 30 persen dari Rp 150 ribu menjadi Rp 200 ribu serta akan diberikan selama sembilan bulan.  Dana untuk kartu prakerja juga dinaikkan alokasinya dari Rp 10 triliun menjadi Rp 20 triliun. Sehingga jumlah penerima manfaat bisa mencapai 5,6 juta orang. Pekerja informal dan pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak Covid-19 akan menerima nilai i manfaatnya antara Rp 650 ribu sampai Rp 1 juta per bulan selama empat bulan ke depan.

Untuk mengantisipasi lonjakan kebutuhan pokok,pemerintah mencadangkan Rp 25 triliun untuk pemenuhan kebutuan pokok serta operasi pasar dan logistik. Adapun program keringanan pembayaran kredit bagi para pekerja informal, baik ojek online, sopir taksi dan pelaku UMKM, nelayan, dengan penghasilan harian, hanya berlaku untuk mereka yang nilai kreditnya di bawah Rp 10 miliar,

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menerbitkan aturan mengenai hal tersebut dan mulai berlaku bulan April ini. Dengan aturan OJK tersebut, prosedur pengajuan pelonggaran kredit tidak harus dilakukan dengan datang ke bank atau perusahaan leasing. Cukup melalui email atau media komunikasi digital seperti WA. (awo)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*