Ngesti Pandawa

COVID-19 UPDATE

KEMARIN

HARI INI

NAIK / TURUN

Total Penderita

24.538

25.216

3%

Kasus Baru

687

678

-1%

Update: 29 Mei 2020 - Sumber: Kementrian Kesehatan RI

Nam Air Buka Empat Rute Baru di Bandara Adi Soemarmo

Ilustrasi Nam Air | Foto: net
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, SOLO – Maskapai domestik Nam Air resmi membuka empat rute baru dari dan ke Bandara Adi Soemarmo mulai Minggu (29/3). Ke Pulau empat rute baru ke luar Jawa ini adalah Solo-Pontianak pergi pulang (PP), Solo-Pangkalpinang PP, Solo-Palembang PP, dan Solo-Denpasar PP.

Seperti diketahui, maskapai Nam Air tadinya mengoperasikan rute ini dari Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta. Namun adanya pengalihan fungsi Bandara Adi Sutjipto yang tidak lagi melayani penerbangan pesawat komersial berjadwal dengan tipe jet membuat maskapai lokal ini mengalihkan ke Solo.

Selain itu, pengalihan rute ke Bandara Adi Soemarmo Solo juga dilatari pemindahan seluruh penerbangan ke Yogyakarta International Airport di Kulonprogo.

Branch Manager Sriwijaya Air dan Nam Air, Taufik Usman, mengatakan pembukaan rute baru dari Bandara Adi Soemarmo ini untuk memenuhi kebutuhan mobilitas pelanggan setia Nam Air dari berbagai daerah di Tanah Air.

Selain itu, hal ini dilakukan untuk mengakomodasi penumpang yang sebelumnya sudah membeli tiket atau akan melakukan perjalanan dari Jawa Tengah menuju Sumatra, Bali, dan Kalimantan.

“Rute-rute baru ini dijadwalkan terbang setiap hari. Namun demikian karena ada force majeure berupa wabah Covid-19, rute ini terbang dengan jadwal tertentu,” katanya kepada wartawan, Minggu.

Lebih lanjut, Taufik menjelaskan lantaran adanya wabah corona, rute Solo-Denpasar tidak beroperasi hingga 10 April 2020. Rute Solo-Denpasar ini terjadwal berangkat pukul 06.20 WIB.

Sementara rute Denpasar-Solo pukul 18.00 Wita. Rute Solo-Pontianak PP dan Solo-Palembang terbang setiap Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu.

Baca juga: Semua Penerbangan Jogja Diboyong Ke YIA

Dikutip dari Bisnis.com, Jadwal penerbangan dari Bandara Adi Soemarmo Solo ke Pontianak pukul 06.20 WIB dan Pontianak-Solo pukul 08.20 WIB. Solo-Palembang terbang pukul 10.30 WIB dan Palembang-Solo pukul 15.10 WIB.

Selain itu, rute Solo-Pangkal Pinang PP terbang pada Rabu, Jumat, dan Minggu. Jadwal keberangkatan Solo-Pangkal Pinang pukul 13.20 WIB dan Pangkal Pinang-Solo pukul 11.00 WIB.

Menurut Taufik, penerbangan perdana Nam Air, Minggu (29/3/2020), rute Solo-Pontianak PP, Solo-Palembang PP, dan Solo-Pangkal Pinang PP load factor-nya rata-rata 70 persen-90 persen.

“Penerbangan rute-rute ini menggunakan pesawat Boeing 737-500 dengan kapasitas 120 seat. Sebagai bentuk layanan prima kepada penumpang, Nam Air memberikan berbagai fasilitas seperti online check in, meals, dan bagasi cuma-cuma hingga 20 kg,” imbuhnya.

Manajemen anak perusahaan Sriwijaya Air itu juga melakukan berbagai langkah untuk mencegah persebaran Covid-19. Misalnya penyemprotan disinfektan ke seluruh pesawat, penerapan pembatasan sosial, dan pembatasan fisik.

Di konter check ini disediakan hand sanitizer dan kru pesawat menggunakan sarung tangan dan masker.

Pantauan Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI) melalui situs flynamair.com, harga tiket pesawat rute Solo-Pontianak dan Solo-Palembang Rp635.800-Rp781.000. Sedangkan rute Solo-Pangkal Pinang harganya mulai Rp852.000-Rp1,05 juta.

Airport Operation and Safety Senior Manager Bandara Adi Soemarmo Solo, Goentoro, mengatakan sebelum Nam Air, Xpress Air sudah lebih dulu membuka penerbangan ke luar Jawa dari bandara di Solo tersebut akhir Maret 2020. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*