Usai Transit di Bali, WN Selandia Baru Terinveksi Virus Corona

Ilustrasi | Foto: tempo.co
Mari berbagi

JoSS, SELANDIA BARU – Seorang perempuan warga negara (WN) Selandia Baru dilaporkan terinfeksi virus corona (covid-19) setelah berkunjung di Iran sempat singgah di Bali. Hal itu menjadi kasus yang pertama di Selandia Baru.

Seperti dilaporkan AFP, seorang perempuan berusia sekitar 60 tahun itu terbang dari Iran dengan tujuan Auckland, dan sempat transit di bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali pada Rabu (26/2). Perempuan itu tiba di Auckland pada Rabu (26/2) lalu. Setelah merasa tidak sehat dan khawatir, dia segera dirujuk ke rumah sakit.

Selandia Baru meminta setiap penumpang yang ikut pada penerbangan terakhir di hari Rabu lalu dengan maskapai Emirates, yang bertolak dari Bali ke Auckland, untuk menghubungi pihak berwenang jika mereka merasa khawatir akan kondisi kesehatan mereka.

“Meskipun kami memiliki kasus covid-19 pertama kami, kemungkinan wabah komunitas tetap rendah,” demikian pernyataan pemerintah Selandia Baru, seperti dikutip dari CNNIndonesia.

Baca juga: Italia Tunda 46 Pertandingan Sepak Bola Karena Wabah Corona Mengganas

Menteri Kesehatan Selandia Baru, David Clark, mengatakan akan mengawasi orang-orang yang datang dari Iran, sama dengan yang mereka lakukan terhadap penerbangan yang datang dari China.

Sementara itu, Nigeria pada hari ini menjadi negara pertama di kawasan sub-Sahara, Afrika, yang mengumumkan kasus infeksi virus corona.

“Kasus ini melibatkan warga negara Italia yang bekerja di Nigeria dan kembali dari Milan, Italia ke Lagos, Nigeria pada 25 Februari 2020,” cuit Menteri Kesehatan, Osagie Ehanire, dalam pernyataannya melalui Twitter.

“Pasien stabil secara klinis, tanpa gejala serius, dan sedang dirawat di Rumah Sakit Penyakit Menular di Yaba, Lagos”, imbuhnya. Sebelum kasus di Nigeria, dua kasus positif virus corona ditemukan di Mesir dan Aljazair.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) awal pekan ini memperingatkan bahwa sistem kesehatan Afrika dikhawatirkan tidak dilengkapi peralatan untuk mengatasi wabah virus corona.

Belanda juga mendeteksi kasus infeksi virus corona yang pertama terdeteksi pada Kamis (27/2) kemarin. Orang tersebut sempat mengunjungi wilayah Lombardia di utara Italia, daerah yang paling parah terdampak virus corona di Eropa. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*