fbpx

UGM Menjadi Kampus Terbaik Se-Indonesia

 data-srcset
Universitas Gadjah Mada | Foto: net
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, JOGJA – Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta menjadi kampus terbaik se-Indonesia versi 4 International College & University (4ICU) Rankings. UGM juga menempati peringkat ke-18 sebagai kampus terbaik se-Asia.

Dilansir detikcom dari situs 4icu.org, Senin (10/2),  UGM menjadi kampus terbaik se-Indonesia. Peringkat kedua diisi Universitas Indonesia, disusul Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Diponegoro, dan Universitas Brawijaya.

Selain UGM ada juga beberapa kampus di wilayah Jogja yang masuk dalam 20 besar terbaik se-Indonesia. Di antaranya Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) peringkat ke-6, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) peringkat ke-15.

Peringkat versi ini diukur dari penilaian akreditasi sejumlah lembaga seperti Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi; Kementerian Agama, Republik Indonesia Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Republik Indonesia.

Kemudian menilai juga terkait program pendidikan empat tahun untuk sarjana atau pascasarjana, serta memberikan kursus-kursus terutama dalam format pendidikan tradisional, tatap muka, program studi jarak jauh.

Baca juga: Perguruan Tinggi Swasta di DIY Terakreditasi A Tak Sampai 10%

Dalam situs 4ICU.org, UGM masuk dalam 20 besar peringkat kampus terbaik di Asia, yakni di posisi ke-18. Kemudian Univeritas Indonesia di peringkat ke-24, dan Universitas Pendidikan Indonesia di peringkat ke-29. Sementara Universitas Diponegoro di peringkat ke-59, dan Universitas Brawija di peringkat ke-66 se-Asia.

Untuk peringkat terbaik se-Asia jatuh pada Shanghai Jiao Tong University di China, disusul Fudan University di China, Guangxi University di China, King Saud University di Arab Saudi, dan National University of Singapore di Singapura. Sementara di tingkat Asia Tenggara, UGM ada di peringkat tiga besar terbaik setelah National University of Singapore (NUS) dan Nanyang Technological University (NTU).

Tahun ini, UGM masuk peringkat 200 besar kampus terbaik sedunia. Namun, UGM masuk peringkat ke-180 dari 200 terbaik di dunia.

Dalam pengukuran ini, 4ICU juga menambahkan parameter dari majestic SEO yaitu Trust Flow. Di edisi sebelumnya hanya menggunakan parameter reffering domain dari Mejestic SEO, selain Google pagerank dan Alexa Traffic Rank.

Perubahan metodologi tersebut menunjukkan bahwa pemeringkatan 4icu makin mempertimbangkan kualitas tautan dari website perguruan tinggi, atau tidak hanya mengukur jumlah tautan saja.

Berikut top 10 kampus terbaik di Indonesia versi 4ICU.org:

1. Universitas Gadjah Mada
2. Universitas Indonesia
3. Universitas Pendidikan Indonesia
4. Universitas Diponegoro
5. Universitas Brawijaya
6. Universitas Negeri Yogyakarta
7. Universitas Lampung
8. Universitas Airlangga
9. Institut Pertanian Bogor
10. Universitas Negeri Semarang (lna)

Berita lainnya...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *