fbpx

Prabowo Dampingi Megawati Resmikan Patung Bung Karno di Akmil Magelang

 data-srcset
Megawati Resmikan Patung Bung Karno didampingi Puan Maharani dan Menhan Prabowo Subianto, Jumat (7/2) | Foto: istimewa
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, MAGELANG –  Presiden kelima RI, Megawati Soekarnoputri meresmikan patung Presiden Pertama RI Soekarno di Akademi Militer, Magelang, Jawa Tengah. Mega hadir di lokasi didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Hadir juga bersama Ketua DPR yang juga putrinya, Puan Maharani, Gubernur Akmil Mayjen (TNI) Dudung Abdurachman dan Kapolda Jateng Irjen Rycko Amelza Dahniel.

Dalam keterangan tertulis yang diterima JoSS.co.id, Megawati mengatakan momen ini merupakan hal yang lama ditunggu, untuk menghormati sejarah, pendiri Akmil di hall utama Kompleks Akademi Militer, Mertoyudan, Magelang, Jawa Tengah.

“Momen peresmian patung Bung Karno ini sudah lama saya tunggu untuk menghormati sejarah dan menjawab pertanyaan cucu-cucu Bung Karno. Katanya kakek mendirikan akademi militer. Ada tidak patungnya?” kata Mega dalam keterangannya, Jumat (7/2).

“Dari situ saya berpikir, sebagai bangsa, kita kerap melupakan sejarah. Padahal di negara manapun di dunia, sangat penting menunjukkan jati diri sebenarnya sebagai sebuah bangsa. Mewakili Keluarga Besar Bung Karno, saya mengucapkan beribu terima kasih atas dibuatnya patung Bung Karno, presiden pertama, proklamator, pahlawan nasional,” tambah Ketuam Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini.

Sebelum peresmian, Gubernur Akmil Mayjen (TNI) Dudung Abdurachman menyampaikan bahwa keberadaan patung Ir Sukarno, Presiden pertama RI, dalam kesatrian akademi militer ini menjadi simbol untuk menghormati & mengabadikan perjalanan perjuangan bersejarah Sang Proklamator.

Baca juga: Akses ke Candi Borobudur Diperlebar Jadi 6 Lajur Dilengkapi 4 Gerbang Penjuru Mata Angin

“Sosok Bung Karno jadi panutan & teladan taruna-taruni calon pimpinan TNI masa depan. Sehingga para taruna-taruni akan tahu bahwa tokoh nasional betul-betul berjuang dan bertekad menyiapkan penerus bangsa yang akan datang,” katanya.

Sementara itu, dikutip dari Liputan6.com, pantauan di lokasi, Jumat (7/2), rombongan disambut oleh jajar kehormatan Drumband Akademi Militer Genderang Seruling Canka Lokananta. Megawati kemudian menaiki mobil golf dan duduk di samping Prabowo. Di depannya ada Puan Maharani. Ketiganya sesekali berbagi senyuman dan bercerita kecil.

Sebelum meresmikan patung, rombongan dipertontonkan sosiodrama yang dimainkan oleh para taruna-taruni Akmil. Sosiodaram menceritakan sejarah perjuangan mempertahankan kemerdekaan serta pembentukan Akademi Militer (Akmil) Magelang.

Pertunjukan itu dilakukan di tengah guyuran hujan. Tetapi, mereka tak berhenti dan tetap memperlihatkan aksi tersebut.

Semuanya tampak asyik mengikuti pertunjukan kolosal yang dilaksanakan di tengah hujan yang mengguyur Kota Magelang.

Megawati dan para tamu bertepuk tangan ketika para taruna menyelesaikan sosiodrama itu. Acara kemudian dilanjutkan dengan acara peresmian patung Bung Karno. (lna)


Berita lainnya...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *