fbpx

Tol Trans Jawa Bakal Terkoneksi Dengan Tol di Bali, BPJT: Investor Sudah Siap

 data-srcset
Ilustrasi | Foto: youtube PT Jasamarga Gempol Pasuruan
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, JAKARTA – Jaringan Tol Trans Jawa yakni ruas Probolinggo – Banyuwangi bakal terkoneksi dengan Tol Gilimanuk-Tabanan di Bali. Saat ini prosesnya dalam tahap studi kelayakan yang ditarget rampung 2020.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit mengungkap nantinya akan ada tol melingkari pulau Bali.

“Trasenya dimulai dari Tol Gilimanuk-Tabanan yang akan terhubung dengan jaringan Tol Trans Jawa yakni Tol Probolinggo-Banyuwangi (Probowangi). Ya kira-kira akan begitu logikanya kan. Apalagi kita juga mengharapkan dia juga nyambung dengan Tol Bali Mandara,” kata Danang, seperti dikutip dari CNBC, Selasa (21/1).

Dia menjelaskan bahwa Tol Bali Mandara yang saat ini sudah beroperasi, membutuhkan dukungan infrastruktur lain untuk bisa berkembang. Jika tidak, maka tol tersebut terancam sepi peminat.

“Karena kan Bali Mandara ini jalan tol yang sangat tergantung pada proyek-proyek pemerintah ya. Kalau jalan alternatif tidak diperbaiki kan traffic-nya drop,” imbuhnya.

Danang memang belum memberikan detail trase Tol Gilimanuk-Tabanan ini. Namun yang jelas, dia menegaskan bahwa rencananya tol tersebut akan menjadi penghubung penting antar wilayah pesisir Bali.

“Itu kan dari Tabanan dulu kemudian ke daerah Denpasar. Jadi itu akan nyambung, kemungkinan besar kan merupakan sabuk Pulau Bali,” urainya.

Saat ini, proyek tersebut masih dalam tahap studi kelayakan. Danang menyebut, setidaknya perlu waktu 8 bulan untuk menyelesaikan studi kelayakan tersebut sebelum ditentukan pemberian izin prakarsa.

Baca juga: Tol Trans Jawa Gerus Bisnis Transportasi Udara, Maskapai Harus Berbenah

Ditargetkan, pada akhir tahun 2020 ini proyek ini sudah mendapatkan kepastian untuk berlanjut ke proses tender atau tidak. Ia bahkan menyebut, sudah ada pihak swasta yang memprakarsai pembangunan tol baru dengan trase Gilimanuk-Tabanan.

“Sekarang ini dokumennya ada di Ditjen Pembiayaan Infrastruktur untuk proses studi kelayakannya. Kalau memang itu disetujui nanti pasti tugas kami untuk kita tenderkan,” katanya.

Terkait rencana menyambungkan Tol Trans Jawa dengan Tol Gilimanuk-Tabanan ini, pihaknya juga tengah berbicara dengan PT ASDP Indonesia Ferry.

Pasalnya, ketersambungan tersebut tetap membutuhkan angkutan penyeberangan yang ada di pelabuhan Ketapang dan Gilimanuk. Dalam hal ini ASDP merupakan operator angkutan penyeberangan di pelabuhan tersebut.

“Kami kemarin juga bicara dengan ASDP untuk bagaimana perbaikan konektivitas tol dengan angkutan penyeberangan, terminal penyeberangan antara Ketapang dan Gilimanuk,” kata Danang.

Saat ini, Tol Probowangi memang masih dalam proses pengerjaan. Danang menilai, jika Tol Probowangi sudah beroperasi, maka kemampuan pelabuhan yang menghubungkan dua pulau tersebut perlu diperhatikan.

“Nah tentu saja ini kalau sudah terjadi, Ketapang Gilimanuk juga sudah expanded kapasitasnya, nanti permintaan berikutnya pasti dari Gilimanuk ke tempat lain,” katanya. (lna)


Berita lainnya...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *