fbpx

Tak Hadiri Rakeranas PDIP, Rudy: Tanggap Bencana Solo Lebih Penting

Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, SOLO – Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo memastikan tidak menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) partai itu di Jakarta Sabtu (11/1) siang ini. Dia menilai ada tanggung jawab yang lebih penting yang harus dilakukannya yakni kesiapsiagaan tanggap bencana di Solo.

Walikota Solo ini menuturkan wilayahnya menjadi daerah yang rawan bencana, sehingga tidak mungkin kedua pimpinan yakni dirinya dan Wakil Walikota Solo Purnomo tidak berada di Solo.

“Saya izin (tak hadir Rakernas PDIP) karena Solo rawan bencana, sehingga tak mungkin saya dan Pak Purnomo (Wakil Walkot Solo) sebagai kepala daerah pergi semua,” kata Rudy usai apel di Manahan, Solo, Jumat (10/1).

Dia membenarkan jika kepala daerah dan pimpinan DPC wajib hadir. Namun acara apel siaga bencana memiliki kepentingan yang jauh lebih besar. “Kepala daerah wajib sebetulnya. Tapi ada kepentingan yang lebih besar, tanggap bencana, karena Solo dikategorikan rawan bencana,” ujarnya.

Menurutnya, kepala daerah sudah terwakili oleh kehadiran Purnomo. Sedangkan dari DPC PDIP sudah diwakili oleh Sekretaris DPC PDIP Surakarta Teguh Prakosa dan bendahara Joni Sofyan Erwandi.

“Sudah ada Pak Pur mewakili kepala daerah. Ada 30 fraksi PDIP DPRD Surakarta. Ada Pak Joni wakil DPC yang bukan anggota DPR,” katanya.

Baca juga: PDIP Minta Harun Masiku Namun KPU Tetap Lantik Riezky Aprilia, Ini Alasannya

Dia juga memastikan, ketidakhadirannya dalam acara penting PDIP itu bukan karena situasi politik di Solo jelang Pilkada serentak pada September mendatang. “Bukan,” jawab Rudy saat ditanya wartawan apakah absennya dia di Rakernas PDIP terkait dengan polemik Pilkada Solo.

Dia mengaku tak khawatir jika ditegur DPP PDIP. Sebagai kepala daerah, kata Rudy, harus lebih mementingkan kepentingan yang lebih besar.

Rapat kerja nasional (Rakernas) sekaligus perayaan Hut PDIP Perjuangan ke-47 akan digelar siang ini. Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan hadir.

Dikutip dari Detik.com, dalam rundown acara peserta undangan akan memasuki gedung JIEXpo Kemayoran, Jakarta Pusat, pukul 13.00 WIB. Setelah seluruh hadirin masuk, Presiden Jokowi dan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri akan memasuki ruangan rakernas pukul 14.14 WIB.

Acara dimulai dengan pemutaran video mengenai pameran jalur rempah. Pertunjukan seni mengenai kejayaan rempah di Indonesia juga akan ditampilkan. Setelahnya, hadirin membacakan teks proklamasi dan mengumandangkan lagu Indonesia Raya.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Megawati dan Presiden Jokowi. Setelahnya, diadakan pemotongan nasi tumpeng sebagai rasa syukur HUT PDIP. (lna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *