COVID-19 UPDATE

KEMARIN

HARI INI

NAIK / TURUN

Total Penderita

125.396

127.083

2%

Kasus Baru

1.893

1.687

-11%

Update: 10 Agustus 2020 - Sumber: covid19.go.id

Satu Dekade Idap Kanker, Ria Irawan Akhirnya Berpulang

Ria Irawan | Foto: liputan6
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, JAKARTA – Setelah sepuluh tahun lebih berjuang melawan kanker endometriosis yang berkembang ke getah bening hingga merusak otak, artis peran Ria Irawan akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya pada Senin (6/1)/2020) sekitar pukul 04.00 WIB.

Ria meninggal saat menjalani perawatan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat. Kakak kandung Ria, Dewi Irawan melalui akun Instagram-nya mengunggah foto keranda milik Ria yang tampak sudah berada di dalam mobil ambulans. “Pulang, adikku sayang,” tulis Dewi Irawan disertai emoji hati di Instagram Story-nya.

Kabar duka ini pertama kali diungkapkan oleh suami Ria, Mayky Wongkar. Dia menyebut, Ria meninggal jam 4 subuh. “Benar, Ria berpulang pukul 04.00 WIB Senin (6/1), saat azan subuh,” ungkapnya.

Seperti diketahui, Ria meninggal dunia setelah mengidap kanker kelenjar getah bening. Penyakit kanker yang diidap Ria pernah dinyatakan sembuh pada 2014 melalui pengobatan kemoterapi yang dijalaninya. Namun, pertengahan 2019 kondisi Ria Irawan kembali memburuk. Ia mulai bolak-balik ke rumah sakit untuk menjalani pengobatan.

Baca juga: Jenazah Ketua PP Muhammadiyah Yunahar Ilyas Dimakamkan Dipersemayaman Para Pejuang Nasional

Awalnya pada 2009 Ria mengetahui ada mioma di rahimnya. Saat itu, ia menghindari operasi pengangkatan rahim.  Hingga akhirnya, Ria didiagnosa kanker endometrium atau kanker dinding rahim. Ria menjalani operasi pengangkatan rahim pada 30 September 2014. Dalam operasi tersebut dokter pun melakukan biopsi.

Tak hanya itu, indung telur Ria juga ikut diangkat bersama rahimnya. Dari hasil biopsi, kanker di tubuh Ria ternyata sudah menyebar ke kelenjar getah bening pada bagian panggul.

Ria sempat dinyatakan sembuh dan main film Pada 2014, kanker kelenjar getah bening yang diidap Ria Irawan sempat dinyatakan sembuh. Sebab, Ria rutin menjalani kemoterapi. Bahkan Ria juga kembali bermain film pada 2015 bertajuk Bulan di Atas Kuburan.

Seperti dikutip dari Kompas.com, pada 2019, Ria terlibat dalam dua film yakni Kuambil Lagi Hatiku. Dalam film itu Ria Irawan beradu akting dengan Lala Karmela dan Cut Mini. Yang terbaru Ria membintangi film Wedding Agreement yang juga dibintangi Indah Permatasari, Refal Hadi dan Mathias Muchus. Dalam film garapan sutradara Archie Hekagery itu Ria berperan sebagai Budhe Tari.

Namun pada pertengahan 2019 kanker diketahui sudah menjalar ke organ paru-paru hingga otak Ria Irawan. Ria kembali dilarikan ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) di RSCM, Jakarta, pada 18 November 2019. Hingga akhirnya hari ini Ria Irawan berpulang. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*