Mari Elka Pangestu Ditunjuk Sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia

Mari Elka Pangestu | Foto: whiteboardjournal
Mari berbagi

JoSS, WASHINGTON DC – Bank Dunia menunjuk Mari Elka Pangestu sebagai Direktur Pelaksana, Kebijakan Pembangunan dan Kemitraan untuk Bank Dunia. Pengangkatannya berlaku efektif 1 Maret 2020.

Penunjukan ini diumumkan Presiden Bank Dunia David Malpass seperti mengutip situs World Bank, Jumat (10/1). Mari Pangestu dinilai memiliki keahlian kebijakan dan manajemen yang luar biasa.

Mari pernah menjabat sebagai Menteri Perdagangan Indonesia periode 2004 hingga 2011. Serta sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dari 2011 hingga Oktober 2014. “Kami sangat senang menyambut Mari ke Bank Dunia dengan peran baru bagi institusi ini,” kata Malpass.

Dia mengatakan, pengalaman Mari sebagai menteri senior, kredensial yang diakui secara global serta ekonom dan peneliti, akan sangat bermanfaat bagi Grup Bank Dunia dalam mendukung luas ertumbuhan berbasis dan pengentasan kemiskinan.

Ditambah, pengalaman kepemimpinan Mari serta keterlibatannya dalam forum-forum internasional utama tentang masalah-masalah pembangunan.

Menanggapi penunjukan tersebut, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menilai terpilihnya Mari Elka Pangestu di Bank Dunia tersebut adalah hal yang membanggakan.

Baca juga: Rabobank Tutup, Nasabah Diminta Tarik Dana Paling Lambat 14 Februari

Dia menilai, secara kemampuan, kehadirannya di Bank Dunia tidak perlu diragukan lagi. “Bagus-bagus, kan yang seleksi orang World Bank, dia yang terbaik, terpilih,” katanya, Jumat (10/1).

Dia mengungkapkan, masuknya nama Mari Elka Pangestu di jajaran direksi Bank Dunia juga atas campur tangan Presiden Joko Widodo.

Kepala Negara telah mengusulkan nama Mari Elka Pangestu menjadi salah satu calon. “Presiden yang usulkan,” jelas Luhut, seperti dikutip dari Liputan6.com.

Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo mengapresiasi dan memberi selamat atas terpilihnya Mari Elka Pangestu sebagai Direktur Pelaksana Kebijakan Pembangunan dan Kemitraan untuk Bank Dunia. Menurutnya, kehadiran Mari akan memberikan angin segar terhadap negara-negara berkembang.

“Saya kenal betul dengan Ibu Mari dan atas nama pribadi maupun Bank Indonesia saya ucapkan selamat. Insha Allah ini akan membawa kebaikan, tidak hanya kepada Indonesia tapi juga bagi emerging market,” ucapnya.

Menurutnya, di tangan mantan Menteri Perdagangan RI itu, Indonesia akan lebih baik. Apalagi tugas yang diemban dirinya berkaitan dengan kebijakan-kebijakan di suatu negara termasuk Indonesia.

“Dan beliau juga akan menangani development policy pembangunan yang akan baik untuk emerging market, termasuk Indonesia,” katanya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*