Kawasan Timur Tengah Memanas, Filipina Evakuasi Puluhan Ribu Warganya

Presiden Filipina Duterte | Foto: voanews.com
Mari berbagi

JoSS, MANILA – Pemerintah Filipina memerintahkan evakuasi puluhan ribu warganya dari kawasan Timur Tengah, setelah Iran menembakkan roket ke pangkalan udara gabungan AS-Irak. Sementara iru, Malaysia Arilines menghindari penerbangan di langit Irak.

Warga Filipina diminta untuk meninggalkan Iran dan Lebanon, setelah sebelumnya perintah evakuasi warga Filipina di Irak diumumkan.

Menteri Tenaga Kerja Filipina Silvestre Bello mengatakan bahwa akan menjadi ‘mimpi buruk’ jika konflik antara Iran dan sekutu dekat Filipina, Amerika Serikat, berubah menjadi perang besar-besaran.

“Kami mengimbau mereka untuk pulang. Ketika kondisinya membaik, mereka dapat kembali jika mereka mau,” kata Bello dikutip dari Reuters, Rabu (8/1).

Menurutnya, lebih dari 2 juta warga Filipina tinggal dan bekerja di Timur Tengah. Lebih dari 30.000 di antaranya berada di Lebanon dan lebih dari 1.000 orang di Iran.

Sebuah kapal patroli Filipina telah diperintahkan berlayar ke Oman dan Dubai untuk membantu warga yang mungkin perlu dievakuasi.

Baca juga: Soal Hukuman Seumur Hidup Bagi Reynhard Sinaga, Kemenlu: Sudah Inkracht

Menteri Lingkungan Filipina Roy Cimatu, seorang pensiunan jenderal yang ditunjuk oleh Presiden Rodrigo Duterte sebagai utusan khusus ke Timur Tengah, akan berangkat ke Qatar pada Kamis besok, sebelum menuju ke Baghdad untuk mengawasi upaya evakuasi.

Cimatu, yang mengawasi langkah serupa selama perang Irak, mengatakan konflik saat ini menghadirkan lebih banyak tantangan karena tidak hanya terbatas di Baghdad.

“Ini adalah permainan menebak yang akan menjadi target berikutnya,” kata Cimatu kepada wartawan.

Sementara itu, Menteri Pertahanan Filipina Delfin Lorenzana mengatakan ada rencana untuk mengirim dua batalion pasukan dan marinir ke Irak untuk membantu evakuasi.

Situasi memanas di Timur Tengah yang dipicu perseteruan Iran dan AS menjadi perhatian maskapai global. Salah satunya, Malaysia Airlines.

Dikutip dari Bisnis.com, maskapai asal Malaysia tersebut akan menghindari wilayah konflik udara Iran, menyusul eskalasi dari ketegangan militer di kawasan tersebut.

Seperti diketahui, Iran melancarkan serangan rudal terhadap pasukan pimpinan AS di Irak pada Rabu dini hari waktu setempat, sebagai pembalasan atas serangan drone AS terhadap seorang komandan Iran. Pembunuhan tersebut telah menimbulkan kekhawatiran perang yang lebih luas di Timur Tengah.

Sehari sebelumnya, Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad telah menyamakan antara pembunuhan Jenderal Iran Qassem Soleimani dan pembunuhan 2018 terhadap pembangkang dan kolumnis Arab Saudi Jamal Khashoggi.

Mahathir mengatakan, kedua pembunuhan itu terjadi melintasi batas, pelanggaran hukum, dan tindakan tak bermoral.

“Kita tak dalam posisi aman. Jika ada yang menghina atau mengatakan sesuatu yang membuat orang lain tak senang, maka bisa saja orang itu mengirim drone dan mungkin menembaki saya,” katanya pada konferensi pers di ibu kota administrasi Putrajaya, dilansir dari Bloomberg, Selasa (7/1). (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*