Gunung Taal Masih Terus Erupsi, Otoritas Setempat Khawatirkan Letusan Dahsat Terjadi

Abu letusan Gunung Taal di Filipina | Foto: nytimes.com
Mari berbagi

JoSS, MANILA – Gunung Taal hingga kini masih terus mengeluarkan lava pijar merah menyala, material baik kerikil maupun abu vulkanik. Pemerintah Filipina memperingatkan warga mengenai kemungkinan Gunung Taal meletus hebat dan menimbulkan banyak korban jiwa.

Otoritas Filipina meminta masyarakat untuk tidak kembali ke rumah sementara waktu jika lokasinya berada dalam radius 14 kilometer dari Gunung Taal.

Delfin Lorenzana, menteri Pertahanan Filipina, yang juga menjabat sebagai Dewan Manajemen dan Pengurangan Risiko Bencana Nasional mengatakan di Filipina pernah terjadi letusan gunung yang begitu dahsyat pada 1991 yakni Gunung Pinatubo yang menewaskan 847 orang.

“Saat itu, seluruh gunung runtuh saat terjadi letusan,” katanya seperti dilansir South China Morning Post pada Selasa, (14/1).

Lorenzana mengkawatirkan bahwa letusan Gunung Taal bakal membuat seluruh pulau naik ke atas dan menyebarkan puing-puing ke area sekitarnya. Dia berharap letusan gunung itu, yang berada di sebuah pulau sekitar 60 kilometer selatan dari ibu kota Manila, tidak berlangsung hebat.

“Semoga ini tidak terjadi. Kita tidak pernah dapat memprediksi gunung berapi,” kata dia.

Baca juga: Erupsi Gunung Taal Masih Berlanjut, Puluhan Ribu Warga di Manila Mengungsi

Gunung Taal masih terus bergetar pada Selasa ini seiring terjadinya pengungsian puluhan ribu orang dari desa-desa di sekitar gunung.

Dikutip dari Tempo.co, terlihat semburan lava merah panas setinggi sekitar 500 meter ke langit dengan asap hitam pekat dan uap yang menyebar hingga sekitar dua kilometer.

Sekitar 200 kali gempa bumi terdeteksi telah terjadi di sekitar Gunung Taal.

“Aktivitas seismik yang intensif ini menunjukkan adanya intrusi magma menuju ke permukaan dan bisa berujung letusan,” begitu pernyataan dari Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina.

Sebelum ini, aktivitas seismik Gunung Taal hanya berlangsung beberapa hari. Namun, aktivitas seismik gunung ini pada 1754 sempat berlangsung selama beberapa bulan.

Dia memperingatkan debu dari letusan gunung api ini berbahaya bagi kesehatan masyarakat. Pada saat letusan awal Gunung Taal terjadi pada Minggu (12/1), awan debu bergerak sejauh 65 kilometer ke arah utara atau menuju ibu kota Manila, Filipina.

Ini membuat ratusan penerbangan di Bandara Internasional Ninoy Aquino dibatalkan. Namun, bandara sudah beroperasi kembali pada Selasa. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*