COVID-19 UPDATE

KEMARIN

HARI INI

NAIK / TURUN

Total Penderita

130.718

132.816

2%

Kasus Baru

1.942

2.098

8%

Update: 13 Agustus 2020 - Sumber: covid19.go.id

Baru Empat Hari Menjabat, Donny Saragih Dicopot Dari Dirut Transjakarta

Donny Saragih | Foto: tempo.co
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, JAKARTA – Donny Saragih harus rela melepas kursi jabatannya sebagai Direktur Utama PT Trasnjakarta yang baru didudukinya sejak empat hari lalu. Pasalnya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membatalkan penunjukannya sebagai Dirut Transjakarta pada Senin (27/1).

Sebelumnya, pengangkatan Donny Saragih dianggap telah sesuai dengan prosedur. Namun, ada satu hal yang dilanggar, yaitu pernyataan tidak melakukan pelanggaran hukum yang dinilai tak sesuai dengan fakta.

Donny Saragih ternyata berstatus terpidana dalam kasus pemerasan dan pengancaman atau penipuan senilai USD 250 ribu. Dalam putusan kasasi pada 12 Februari 2019, Mahkamah Agung memvonis Donny dengan hukuman penjara 2 tahun.

Sekretaris Badan Pembinaan Badan Usaha Milik Daerah (BP BUMD) DKI Jakarta, Riyadi mengatakan semua calon direksi BUMD harus mengikuti sejumlah proses sebelum ditetapkan oleh kepala daerah. Termasuk mantan Dirut PT Transjakarta, Donny Saragih,

Awalnya, kata dia, pelamar atau calon dirut mengirim surat lamaran dan curriculum vitae (CV) yang ditujukan ke Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

“Maka setiap orang yang ingin jadi direktur, melamar ke gubernur. Nanti gubernur disposisi ke BP BUMD, tindak lanjuti sesuai ketentuan,” kata Riyadi, Selasa (28/1).

Baca juga: Yasonna Copot Dirjen Keimigrasian dan Dirsistik Terkait Buron Harun Masiku

Riyadi menyebut hal itu sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 54 Tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah (BUMN), Permendagri tentang Pengangkatan Dan Pemberhentian Anggota Dewan Pengawas Atau Anggota Komisaris dan Anggota Direksi BUMD. Serta Pergub Nomor 5 tahun 2018 tentang Tata Cara Pengangkatan dan Pemberhentian Direksi BUMD dan Perusahaan Patungan.

Setelah para pelamar mengirimkan lamarannya, proses selanjutnya yakni asesmen dan uji kelayakan serta kepatutan. Riyadi mengatakan, proses asesmen dilakukan oleh konsultan independen, sedangkan uji kelayakan dan kepatutuan dilakukan oleh panitia seleksi (pansel).

“Jadi tesnya dua kali. Ada tes oleh konsultan dan tes oleh tim panitia seleksi,” ucapnya.

Tim pansel itu kata dia, terdiri dari akademis, praktisi bisnis, mantan komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dan perwakilan BUMD. Donny Saragih mengikuti asesmen dan uji kelayakan pada Juli 2018. Dinny dinyatakan lolos dalam tes tersebut.

“Hasil tes itu lazimnya bisa berlaku untuk dua tahun, kan belum dua tahun kan, dua tahunnya Juli tahun ini,” papar dia.

Setelah dianggap memenuhi klasifikasi, nama Donny diajukan ke Gubernur Anies dan diangkat menjadi dirut melalui rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPS LB) PT Transjakarta pada 24 Januari 2020.

“Gubernur setuju, ya proses. Prosesnya apa? Di-RUPS-kan pengesahannya,” jelas Riyadi.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta membatalkan penunjukan Donny Andy Saragih dibatalkan sebagai Direktur Utama (Dirut) PT Transportasi Jakarta (Transjakarta). Donny tercatat terpilih sebagai Dirut Transjakarta sejak, Kamis, (23/1). (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*