Undip dan UGM Masuk Daftar 1.000 Universitas Terbaik di Dunia

Ilustrasi | Foto: tirto.id
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, SEMARANG – Universitas Diponegoro (Undip) Semarang dan Universitas Gadjah Mada (UGM) Jogja masuk dalam daftar 1.000 universitas terbaik di dunia versi QS World Rangking. Total ada delapan universitas di Indonesia yang dinilai memenuhi indikator penilaian sebagai institusi pendidikan tinggi terbaik di planet ini.

Seperti diketahui, QS World Rangking merupakan sebuah jaringan karir dan pendidikan global terkemuka yang terkoneksi dengan berbagai bidang, yaitu pendidikan tinggi, keahlian dan industri. Metodologi perangkingan yang digunakan adalah dengan cara melakukan penilaian setiap institusi berdasarkan enam indikator.

Di antara keenam indikator tersebut adalah kolaborasi riset dengan pihak internasional, reputasi akademik, reputasi lulusan, dan lain-lain. Dengan menggunakan metodologi itu, ada 8 universitas negeri di Indonesia yang masuk ke dalam 1.000 daftar universitas terbaik dunia.

Dikutip dari Kompas.com, berikut daftar delapan universitas Indonesia yang masuk dalam daftar 1.000 universitas terbaik di dunia dengan perolehan nilai berdasarkan enam indikator QS World Ranking.

1. Universitas Indonesia ( UI) menempati peringkat teratas di antara universitas negeri lain di Indonesia. UI bertengger di urutan ke-296 dunia, dengan nilai rata-rata yang didapatkan UI adalah 34,7. UI juga mendapat predikat “high” di bidang riset.

2. Universitas Gadjah Mada ( UGM) menduduki perangkat kedua universitas negeri terbaik di Indonesia. UGM bertengger di urutan ke-320 dunia, nilai yang diperoleh 33,2 dengan predikat “medium”.

Baca juga: Perguruan Tinggi Diminta Fasilitasi Mahasiswanya Dalam Berwirausaha  

3. Institut Teknologi Bandung (ITB) menduduki urutan ke-331 dunia, lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya yang menduduki peringkat ke-359. Nilai rata-rata yang didapatkan oleh ITB adalah 32,3. Dalam hal riset, ITB mendapat prediket “very high” dari QS World Rangking dan menjadi kategori terbaik di antara kampus di Indonesia.

4. Institut Pertanian Bogor (IPB) menduduki peringkat 601-650 dengan predikat “high” di bidang penelitian.

5. Universitas Airlangga (Unair) menduduki rangking 657-700, mendapat predikat “medium” di bidang penelitian.

6. Universitas Padjajaran Universitas (Undad) menduduki rangking 751-800 dunia untuk kategori penelitian, Unpad mendapat predikat “medium” dari QS World Rangking.

7. Universitas Diponegoro Universitas Diponegoro ( Undip) menduduki rangking 801-1.000 atau sama dengan peringkat sebelumnya. Untuk kategori penelitian, Undip mendapat predikat “medium” dari QS World Rangking.

8. Institut Teknologi Sepuluh Nopember ( ITS) menduduki peringkat ke 801-1000 dunia, dengan predikat “medium” dari QS World Rangking. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*