Jalur Wonosobo-Banjarnegara Terputus Akibat Longsor, Lalu Lintas Dialihkan

Longsor di Jalur Wonosobo-Banjarnegara | Foto: twitter BPBD Banjarnegara @BPBD_BNA
Mari berbagi

JoSS, BANJARNEGARA – Jalur Wonosobo-Banjarnegara terputus akibat longsor tepatnya di Desa Sigaluh, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara, Selasa (17/12) sore. Hujan deras yang mengguyur daerah itu sejak beberapa hari terakhir memicu terjadinya tanah longsor.

Kepala BPBD Banjarnegara Arif menjelaskan kejadian ini terjadi akibat material tanah longsor menutupi jalan sehingga membuat arus lalu lintas putus total.

“Ini sedang dilakukan assesment, yang jelas ada tebing longsor dan menutup jalan, tebing yang longsor tidak terlalu tinggi,” katanyaseperti dikutip dari Suara.com, Selasa (17/12).

Kemacetan yang ditimbulkan akibat longsor tersebut, menurutnya, mencapai sejauh empat kilometer. Lantaran longsor itu pula, kendaraan yang akan melintasi jalan tersebut akan diarahkan melalui utara sungai.

“Sampai saat ini kita bersama relawan lainnya sudah menurunkan alat berat agar proses evakuasi bisa selesai lebih cepat,” ujarnya.

Sementara itu Kasatlantas Polres Banjarnegara AKP Roy Irawan menjelaskan akibat kejadian tersebut pihaknya melakukan rekayasa lalu lintas untuk menghindari dampak kemacetan.

Baca juga: Pusat Rehabilitasi Bagi Pecandu Narkoba Segera Dibentuk di Solo

“Itu kan sekarang sedang ditangani oleh anggota, paling sebentar lagi bisa teratasi. Tapi arus lalu lintas yang dari arah barat, nanti ke Susukan, lalu diarahkan ke Buntu dan Kebumen. Sedangkan yang dari arah Wonosobo, nanti dari arah Sawangan diarahkan ke kiri nanti masuk Purworejo lalu ke Kebumen,” katanya.

Untuk kendaraan kecil seperti mobil pribadi, menurutnya masih bisa melintas. Aturan rekayasa lalu lintas tersebut berlaku bagi kendaraan besar seperti bus dan truk besar.

Proses evakuasi dibantu total 5 alat berat. Rinciannya, 4 alat berat milik PT Baru Bangkit, 1 eskavator milik BPBD dan 10 dump truk untuk mengangkut material.

“Sedang berlangsung pembersih di pimpin Bupati Budhi Sarwono dan Kapolres, BPBD,” katanya.

Sementara itu, kepala BPBD Jateng Sudaryanto menambahkan, proses evakuasi juga dibantu dari Pemprov Jateng melalui Dinas Bina Marga dari sisi selatan.

“Sementara kendaraan kecil dialihkan melalui jalur alternatif sedangkan kendaraan besar tetap menunggu semoga semalam ini selesai sehingga berfungsi kembali,” tegasnya.

Tanah longsor ini disebabkan dari tebing yang longsor pasca wilayah tersebut diguyur hujan dengan intensitas tinggi pada pukul 14.00 WIB.

Sebanyak 2 rumah milik warga masing-masing atas nama Heu (50) dan Wahyudi (32) terdampak longsor. Sebagian rumah mereka tertimbun longsor. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*