Exit Tol Sambungmacan Segera Dibangun, Target 2020 Selesai

Ilustrasi pintu Tol Solo-Kertosono (Soker) | Foto: suaramerdekasolo.com
Mari berbagi

JoSS, SRAGEN – Manajer Operasional, PT Solo Ngawi Jaya (SNJ), Imam Zarkasi menyatakan pintu tol Sambungmacan di jalan Tol Solo-Kertosono (Soker) segera dibangun awal tahun depan dan ditarget rampung di tahun yang sama.

Dia menambahkan pembangunan exit tol Sambungmacan ini untuk memenuhi permintaan warga Sragen khususnya yang tinggal di wilayah timur seperti Gondang, Sambung dan Jenar dalam mengakses jalan bebas hambatan tersebut.

“Pintu Tol Sambungmacan ditarget beroperasi pada akhir 2020. Jadi, proses pembangunannya akan dimulai pada awal 2020,” kayanya, belum lama ini.

Seperti dikutip dari Solopos.com, warga di tiga kecamatan itu harus menempuh jarak sekitar 22 km untuk bisa sampai Pintu Tol Pungkruk. Jarak itu bisa ditempuh dalam kurun waktu antara 30-40 menit, tergantung tingkat kepadatan lalu lintas di jalur arteri.

Padahal, jalan tol Solo-Kertosono ini sudah melintasi perbatasan Sambungmacan dan Gondang. Dengan adanya pintu tol Sambungmacan, warga bisa menghemat waktu dan jarak tempuh untuk mengakses jalur bebas hambatan itu.

Baca juga: Tol Japek Dibuka Gratis, Jakarta-Semarang-Solo Hemat Waktu 2 Jam

Imam menjelaskan persiapan pembangunan Pintu Tol Sambungmacan baru memasuki tahap pembebasan lahan. Berdasar informasi terakhir yang diterimanya dua hari lalu, proses pembebasan lahan sudah mencapai sekitar 60%.

Dia mengakui pada awalnya, Sragen didesain hanya memiliki satu pintu tol yang berlokasi di Pungkruk. Akan tetapi, Bupati Sragen, Kusdinas Untung Yuni Sukowati, meminta satu pintu tol dibangun di wilayah Sambungmacan guna mendongkrak perekonomian di wilayah setempat.

“Bupati menginginkan pintu tol itu bisa menunjang zona industri di Sragen wilayah timur. Permintaan Bupati itu sudah disetujui pemerintah pusat. Sekarang sudah dalam proses pembebasan tanah dan persiapan lelang pembangunan fisik atau konstruksinya,” papar Imam Zarkasi.

Berdasar data yang dihimpun dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sragen, pengembangan proyek jalan tol Sragen-Ngawi membutuhkan lahan total seluas 18,08 hektare. Lahan seluas 18,08 ha itu terdiri atas 400 bidang tanah di sejumlah desa di Kecamatan Sambungmacan.

Sebanyak 11 hektare di antaranya disiapkan untuk membangun interchange Sambungmacan. Sisa lahan digunakan untuk perluasan rest area tipe B, penambahan fly over dan saluran air untuk keperluan irigasi pertanian. (lna)

1 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*