Bakal Dapat Pesaing Baru, Pamor Jalan Daendels Justru Makin Naik

Ilustrasi | Foto: iqbalkautsar.com
Mari berbagi

JoSS, KEBUMEN – Jalur Lintas Selatan-Selatan (JLSS) yang dikenal pula dengan Jalan Daendels kini kembali mengulang kejayaannya setelah pemerintah melakukan pembenahan. Namun bisakah jalan yang pernah berjaya di masa kerajaan ini tetap menjadi favorit dengan adanya rencana pembangunan Tol Jogja-Cilacap?

Kepala Bagian Humas Sekretariat Daerah (Setkab) Kebumen, Budhi Suwanto mengakatan belakangan JLSS yang menghubungkan Yogyakarta, Purworejo, Kebumen hingga Cilacap ini kembali naik pamor. Itu setelah pemerintah terus memperbaiki dan memperluas jalur.

Dia menambagkan jalur Yogyakarta-Purworejo sudah mulus. Lantas, pembangunan JLSS di Kebumen juga dikebut. Terkini, pembangunan sudah mencapai Tambakmulyo-Jladri, Kecamatan Buayan, Kebumen.

“Tinggal melanjutkan fisik jalan dari Tambakmulyo Jladri. Kalau jalur di daerah Ayah belum,” katanya, belum lama ini.

Pendatanganan kontrak pengerajaan akan segera dilakukan. Dan itu, memastikan semakin dekatnya JLSS tersambung ke Jetis, Cilacap. Adapun ke ruas timur, JLSS sudah beroperasi hingga Yogyakarta.

Meski baru separuh beroperasi, dampak JLSS begitu terasa di pesisir selatan. Industri pariwisata dan turunannya, seperti kuliner dan industri kreatif bak biji mentimun tersiram hujan. Begitu cepat tumbuh subur.

Terlebih, JLSS ini sudah dikenal dengan kondisi jalannya yang mulus dan lurus. Imbasnya, semakin banyak pelintas luar daerah yang melalui jalan ini. “JLSS ini dibuat selurus mungkin agar lancar. Sebisa mungkin menghindari jalur-jalur yang sulit,” ujarnya.

Lantaran konsepnya sebagai jalan minim hambatan, JLSS tak melintasi rute Jalur Provinsi yang telah lama beroperasi di Karangbolong. Pasalnya, pembangunan jalan terbentur perluasan badan jalan dan medan berbukit. Jalur ini juga penuh dengan kelokan tajam.

Baca juga: Kurangi Kesenjangan Pantura, Perbaikan Jalur Pansela Terus Digenjot

Selain itu, jalan yang sekarang eksisting juga terkendala perluasan badan jalan. Hambatan itu di antaranya, permukiman dan tebing perbukitan karang.

Sebab itu, JLSS tak jalur ini melalui wilayah utara Karangbolong. JLSS dibangun melintasi Kecamatan Buayan ke barat hingga Jetis, Cilacap.

Meski begitu, Budhi bilang JLSS yang berada di sisi utara Karangbolong ini tetap berpengaruh signifikan terhadap kunjungan wisatawan di obyek wisata Kebumen. Pasalnya, antara JLSS dengan jalur ke obyek wisata masih relatif dekat.

Karenanya, Kebumen terus mendorong agar JLSS segera tersambung ke Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Dengan tersambungnya jalur ini, lalu lintas di selatan akan semakin tinggi. “Semakin banyak yang lewat kan potensi ekonomi juga untuk warga,” ucapnya, seperti dikutip dari Liputan6.com.

Kembalinya pamor JLSS ini patut disyukuri warga di pesisir selatan. Lalu lintas ramai menghidupkan bisnis di desa-desa yang kebetulan dilintasi atau berdekatan dengan JLSS.

Tetapi nampaknya, JLSS juga akan punya pesaing baru. Ini setelah pemerintah mulai mensosialisasikan rencana tol yang menghubungkan kota-kota di sisi selatan Jawa, mulai dari Bandung, Tasikmalaya, Cilacap, Kebumen, Purworejo hingga Yogyakarta.

Meski demikian, lantaran sifatnya yang berbeda dengan JLSS, Budhi menilai dampak positif keberadaan tol di Kebumen tak sebesar JLSS. Sebab, tol cenderung eksklusif. Itu berbeda dengan JLSS yang memang jalan terbuka.

Karenanya, jika tol teralisasi, Pemkab Kebumen meminta dibangun rest area. Rest area itu untuk memastikan agar masyarakat Kebumen bisa mendapat manfaat langsung dari keberadaan tol ini. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*