fbpx

Pekan Depan Pendaftaran Online CPNS Jateng Dibuka, Begini Cara Daftarnya

Mari berbagi

JoSS, SEMARANG — Pemerintah Provinsi Jawa Tengah membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) secara online mulai mulai 11 November 2019 dan berlangsung selama 15 hari. Ada 1.409 formasi yang dibutuhkan, dengan rincian 551 tenaga guru, 316 tenaga kesehatan, dan 542 tenaga teknis.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jateng Wisnu Zaroh, mengatakan pendafaran online ini tidak hanya diikuti oleh warga Jateng, namun bisa juga diikuti oleh warga luar Jateng bahkan luar pulau.

Seluruh proses pendaftaran dilaksanakan secara online, melalui situs sscasn.bkn.go.id, jatengprov.go.id, dan bkd.jatengprov.go.id.  “Silahkan dari luar Jawa Tengah, luar Jawa, bisa mendaftar CPNS Jateng 2019,” tuturnya, dalam konferensi pers di Gubernuran, Rabu (6/11).

Wisnu memberikan beberapa tips untuk memudahkan CPNS dalam melakukan pendaftaran. Pertama, peserta memiliki alamat email aktif. Kedua, membaca dengan cermat dan teliti setiap informasi persyaratan.

Pasalnya, pelamar hanya bisa melakukan pendaftaran 1 kali dan hanya untuk 1 jabatan. Ketiga, bagi peserta dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang bermasalah, dapat menguhubungi Disdukcapil setempat.

Keempat, peserta dapat melihat jumlah pendaftar di berbagai unit kerja, sehingga dapat memprediksi peluang untuk lulus menjadi PNS.

Kelima, peserta harus menyiapkan persyaratan administrasi yang mencakup KTP, pas foto terbaru dengan latar merah, ijazah dan transkrip nilai, surat lamaran, serta akreditasi prodi dan universitas pada tahun lulus.

Adapun, tes CPNS Jateng mencakup tiga kompenen, yakni tes kompetensi dasar atau Tes Intelegensi Umum (TIU), tes wawasan kebangsaan, dan tes karakteristik kepribadian. Bila lolos dalam tahap ini, peserta selanjutnya akan menjalani tes kompetensi bidang.

Baca juga: Kementerian BUMN Buka Lowongan CPNS, Catat Tanggalnya

Wisnu menambahkan, sebetulnya Jateng mengajukan kuota CPNS sebanyak 2.149 posisi, kendati yang disetujui Kemenpan-RB sejumlah 1.409 posisi. Oleh karena itu, pihaknya akan mengajukan pendaftaran Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K), untuk menambah posisi sesuai kebutuhan.

“Kalau ada kebijakan dari [pemerintah] pusat untuk P3K, kami akan membuka lowongan lagu untuk P3K ini,” paparnya.

Dia pun menegaskan proses rekrutmen CPNS di Jateng tidak dipungut biaya apapun atau gratis. Masyarakat diimbau tetap waspada terhadap segala bentuk penipuan terkait hal tersebut.

Pegawai negeri masih menjadi incaran para pencari kerja, dengan harapan di masa tua terjamin kehidupannya. Sehingga, setiap dibuka lowongan CPNS selalu selalu dibanjiri pelamar.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan kuota yang diberikan oleh pemerintah yakni  1.409 formasi CPNS ini masih jauh dari kebutuhan di lapangan. Sebab, total formasi CPNS yang dibutuhkan di 35 kabupaten/kota Jateng mencapai 13.590 posisi.

Menurutnya, setiap tahun dirinya menandatangani surat keputusan pensiun dari tenaga kependidikan. Sedangkan untuk mengangkat tenaga honorer K-2, pemprov terkendala dengan aturan yang ada.

“Karena kita kurangnya guru banyak sekali. Cuma tampaknya, juga dari kuota yang disediakan masih kurang jauh. Kemudian untuk tenaga kesehatannya, dari bidan dan tenaga medis di rumah sakit serta dokter,” kata Ganjar belum lama ini. (lna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *