fbpx

KA Bandara Solo Beroperasi 28 Desember, Segini Tarifnya

Mari berbagi

JoSS, SOLO – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan kereta api (KA) Bandara rute Solo Balapan-Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, bakal beroperasi mulai 28 Desember 2019. Tarifnya diperkirakan Rp10.000-Rp15.000 per orang sekali jalan.

Saat meninjau kesiapan KA Bandara Adi Soemarmo di Boyolali, Menhub menambahkan hingga kini kesiapan proyek KA Bandara sudah 94%. Dia mengakui masih ada jalur yang belum terhubung, namun ditargetkan KA bandara sudah bisa beroperasi pada 28 Desember.

Menurut Budi, beberapa bagian jalur yang belum terkoneksi tersebut merupakan jalur yang berkaitan dengan jalan tol karena harus membuat jalan tambahan.

Kemudian ada juga yang berkaitan dengan warga dan masalah teknis. Untuk jalur yang berkaitan dengan warga menurutnya sudah selesai, tinggal menyelesaikan pengerjaan konstruksi.

“KA bandara memang kami kejar agar angkutan antarmoda bisa berjalan baik. Untuk itu tadi saya mengecek konstruksi yang ada, relatif sudah tidak ada masalah. Kami akan selesaikan pertengahan Desember dan operasional sebelum tahun baru,” kata dia, Minggu, (3/11) seperti dikutip dari Solopos.com

KA bandara diharapkan bisa menghubungkan antara Stasiun Solo Balapan dan Bandara Adi Soemarmo dengan waktu tempuh sekitar 15 menit. Dia berharap fasilitas transportasi ini bisa digunakan masyarakat Solo dan sekitarnya sebaik mungkin.

“Kami juga ingin KA bandara ini bisa untuk penunjang pariwisata,” kata dia.

Baca juga: Terminal Tirtonadi Solo Bakal Jadi Pusat Bisnis Terpadu dengan Dukungan Transportasi Yang Terintegrasi

Soal tarif, Budi Karya mengatakan sekitar Rp10.000-Rp15.000 per orang. Namun menurut Budi, hal itu masih akan dikaji lebih lanjut, termasuk dengan PT Angkasa Pura. “Tentunya kami tidak akan membuat tarif yang menyusahkan masyarakat,” kata dia.

KA bandara nantinya dilayani dua train set dengan kapasitas 300 orang. Sementara itu Kepala Daop VI/Yogyakarta, Eko Purwanto, mengatakan jarak tempuh jalur KA bandara adalah sekitar 4 km dari Stasiun Solo Balapan ke Stasiun Kadipiro.

Kemudian dari Stasiun Kadipiro menuju Stasiun Bandara sekitar 9 km. Mengenai perjalanan kereta dia menyebutkan untuk sementara direncanakan 30 perjalanan dari Stasiun Bandara Adi Soemarmo ke Stasiun Solo Balapan dan 30 dari Stasiun Solo Balapan menuju Bandara Adi Soemarmo.

“Total ada 60 perjalanan. Perjalanan rata-rata 19 menit. Namun dari Bandara Adi Soemarmo ke Stasiun Solo Balapan sedikit lebih lama karena harus menunggu perlintasan di Stasiun Kadipiro,” kata dia.

Perjalanan pertama dari Stasiun Solo Balapan sekitar pukul 04.25 WIB kemudian perjalanan terakhir dari Stasiun Solo Balapan sekitar pukul 23.14 WIB. Dari Bandara Adi Soemarmo, perjalanan pertama dijadwalkan pukul 04.53 WIB dan terakhir pukul 23.42 WIB. (lna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *