Ngesti Pandawa

COVID-19 UPDATE

KEMARIN

HARI INI

NAIK / TURUN

Total Penderita

24.538

25.216

3%

Kasus Baru

687

678

-1%

Update: 29 Mei 2020 - Sumber: Kementrian Kesehatan RI

Terminal Tirtonadi Solo Bakal Jadi Pusat Bisnis Terpadu dengan Dukungan Transportasi Yang Terintegrasi

Terminal Bus Tirtonadi Solo | Foto: instagram officialtirtonadi
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, SOLO – Kementerian Perhubungan bakal membuat Terminal Bus Tirtonadi Solo menjadi pusat bisnis terpadu. Di area tersebut bakal dibangun mal dan hotel setinggi lima lantai di bagian atasnya. Pembangunannya akan dimulai 2020 mendatang.

Kasubdit Terminal Angkutan Jalan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Ahmadi Z.B., mengatakan pemerintah pusat menggelontorkan dana Rp40 miliar untuk membangun kawasan komersial terminal terbesar di Jawa Tengah tersebut.

“Desainnya lima lantai ke atas, melingkar. Nah, samping-sampingnya yang melingkari ini ada lantai dua untuk parkir kendaraan, lantai tiga untuk foodcourt, lantai empat pusat perbelanjaan dan showroom batik, dan lantai limanya hotel. Hotel ini nanti yang akan kami kerjasamakan dengan pihak ketiga atau swasta,” katanya, belum lama ini.

Ahmadi mengatakan saat ini Kemenhub tengah menyusun detail engineering design (DED) bekerja sama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Jika DED rampung, pembangunan dengan pagu anggaran Rp40 miliar itu segera dilelang.

Baca juga: Kereta Bandara Adi Soemarmo-Solo Balapan Diluncurkan 20 Desember Mendatang

“Kami bertemu Pak Wali (F.X. Hadi Rudyatmo) untuk konsultasi desain. Karena sebelumnya pernah menyusun DED, namun batal. Jadi menyusun DED baru. Ada beberapa desain yang kami konsultasikan, tinggal mana yang dipilih Pak Wali,” paparnya.

Dikutip dari Solopos.com, Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, menyambut baik rencana tersebut. Wacana membangun Terminal Tirtonadi sebagai pusat bisnis tak hanya pusat transportasi terintegrasi pernah digaungkan beberapa waktu lalu.

“Kami hanya membantu proses pelaksanaan karena lokasinya di Solo. Saya berharap pembangunannya lancar sehingga mampu menggerakkan ekonomi di wilayah Solo Utara,” kata Rudy.

Ia menyebut saat pembangunan mal dan hotel di Terminal Tirtonadi selesai, Pemkot berencana membangun skybridge yang menghubungkan Bendung Karet Tirtonadi dan Papan Kawruh Tirta dengan terminal. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*