fbpx

Bus Trans Semarang Ramah Lansia dan Difabel Diluncurkan Segini Tarifnya

Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Walikota Semarang Hendrar Prihadi melakukan uji coba bus tipe dek rendah atau Bus Low Deck Scania Chassis K250 UB – 4X2 untuk Trans Semarang. Bus tersebut memudahkan lansia dan difabel serta dilengkapi sistem keamanan yang lebih canggih dari bus Trans Semarang sebelumnya.

Uji coba tersebut dimulai dari halaman Balaikota Semarang hingga Bundaran Tugu Muda dan kembali ke Balai Kota. Rencananya, bus tersebut akan beroperasional di Koridor 1 rute Mangkang – Penggaron mulai Senin 11 November 2019.

“Uji coba bus ini beda, karena jenis low deck. Jarak antara tanah dan lantai bus tidak tinggi. Yang difabel dan yang kesulitanan naik bisa mandiri,” kata Hendi seusai uji coba Bus low deck di Balai Kota, Minggu (10/11)

Bus itu memiliki panjang berkapasitas 41 tempat duduk yang menghadap depan dengan seat 2X2, kemudian terdapat 2 kursi lipat, 1 tempat kursi roda, 1 kursi untuk operator dan 25 pegangan untuk penumpang yang berdiri. Di dalam bus juga dilengkapi dengan 7 CCTV dan pengaman untuk kursi roda.

Bus tersebut akan dipinjamkan selama sebulan dan kemungkinan akan diperpanjang karena menurut Hendrar respon masyarakat lewat media sosial bagus. Jika respon semakin bagus maka akan dibicarakan soal investasi.

Baca juga: BRT Trans Jateng Rute Semarang-Kendal Diluncurkan, Pelajar Hanya Bayar Rp2.000

“Ini dipinjamkan sebulan akan lihat responnya,” ujar Hendi, seperti dikutip dari Detik.com.

Sementara itu Kepala Badan Layanan Umum (BLU) Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Trans Semarang, Ade Bhakti Ariawan mengatakan, bus low deck ini akan beroperasi pagi dan sore. Masing-masing dua trip hingga 30 November 2019.

Sebelumnnya Trans Semarang juga telah melakukan uji coba untuk mengetahui kondisi medan jalan yang akan dilalui bus itu pada Kamis (7/11).

Dari uji coba diketahui kontur medan jalan di koridor 1 sangat layak dilalui. “Uji coba ini dilakukan mengingat bus tipe low deck. Kami ingin memastikan sebelum beroperasional, bus ini nyaman digunakan,” kata Ade.

“Bagi pengguna jasa yang sudah menantikan bus ini mengaspal Senin besok, tarif yang dibayar tidak mengalami perubahan. Tarif Trans Semarang sesuai Perwal 54 tahun 2019, untuk Umum Rp 3500, Pelajar/Mahasiswa/KIA Rp 1000,” imbuhnya. (lna)

1 comment on “Bus Trans Semarang Ramah Lansia dan Difabel Diluncurkan Segini Tarifnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *