fbpx

Arcandra Tahar: SDM Unggul dan Maju Kunci Menghadapi Tantangan Kebutuhan Energi di Masa Depan

Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, SEMARANG – Wakil Menteri Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) Kabinet Kerja 2014-2019, Arcandra Tahar menjelaskan pentingnya peningkatan value SDM Indonesia untuk menjawab tantangan pemenuhan kebutuhan energi di masa mendatang.

Hal itu disampaikannya dalam Kuliah Umum di Sekolah Pasca Sarjana Program Doktor Ilmu Lingkungan Universitas Diponegoro, Semarang, Kamis (28/11).

Menurutnya, Indonesia membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, unggul dan maju untuk menjawab tantangan pemenuhan energi di masa depan. Keberadaan SDM juga harus dilihat sebagai aset (human capital) dibandingkan sekadar sumber daya (human resource).

“Peningkatan value SDM Indonesia akan menjadi salah satu kunci utama bagi Indonesia untuk terlibat dalam Perubahan dunia,” katanya, di Semarang.

Lebih lanjut dia menjelaskan terdapat perbedaan mendasar antara konsep human resource dan human capital. Dalam konsep human resource, manusia hanya ditempatkan layaknya peralatan yang diutilisasi hingga habis.

Arcandra lantas mencontohkan salah satu program penguatan SDM di kementerian ESDM yaitu magang kerja di instansi badan usaha baik negeri, swasta nasional dan asing yang menjadi mitra kementrian. Program ini dilakukan terhadap pegawai ESDM new hire, eselon III dan IV sejak tahun 2018 dan 2019.

Arcandra Tahar berpose bersama panitia dan civitas akademika Sekolah Pasca Sarjana Program Doktor Ilmu Lingkungan Undip Semarang | Foto: Linakasih/joss.co.id

Melalui program ini, setiap pegawai di kementerian ESDM di dorong untuk mampu meningkatkan kemampuan mengatur atau membuat regulasi dari sisi praktis dan mendapatkan misi untuk mengetahui dengan baik bagaimana bisnis proses di lapangan.

Baca juga: Archandra: Penggunaan Energi Baru dan Terbarukan Sebuah Keharusan

Satu hal yang paling lama dipelajari dalam sistem manajemen modern saat ini adalah “empati”, sementara empati ini sangat penting untuk dimiliki setiap pejabat pemerintah.

Menurut Arcandra, Indonesia saat ini memerlukan human capital yang kompeten dan terpercaya. Kompeten berarti mampu menunjukkan karakter, kemampuan serta peningkatan efisiensi dan performa kerja. Adapun terpercaya berarti setia terhadap misi, visi, nilai serta memiliki integritas.

Manusia yang mampu bersaing dan menghadapi tantangan, termasuk di bidang energi, harus memiliki lima ciri seorang pemimpin. Ciri-ciri tersebut adalah energi positif, kemampuan untuk menularkan energi positif kepada orang lain, kemampuan mengambil keputusan sulit, kemampuan eksekusi, serta memiliki passion.

Dia mencontohkan berbagai  inovator dan konglomerat di dunia hampir seluruhnya memiliki ciri-ciri tersebut. Seperti Bill Gates, Mark Zuckerberg, Steve Jobs, termasuk di Indonesia seperti Nadiem Makarim dengan Gojek nya. Para inovator itu tak segan memulai usahanya dari ruang kecil dan  tempat sederhana. Arcandra optimis dengan talenta-talenta yang dimiliki saat ini, Indonesia akan mampu bersaing dalam kompetisi global.

“Syaratnya, sumber daya manusia ini harus mampu secara konsisten untuk terus meningkatkan value-nya dan tidak berkompromi terhadap value yang dimilikinya tersebut. Semakin tinggi value seseorang, tentu standar keilmuan, manajerial dan kemampuan eksekusinya akan semakin tinggi,” pungkasnya (lna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *