Yoga Bisa Cegah Osteoporosis, Begini Penjelasan Pakar

Ilustrasi | Foto: blissedyogaretreats.com
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Seiring dengan bertambahnya usia, tulang mengalami penurunan kualitas dan kepadatan atau disebut osteoporosis. Hal ini menyebabkan tulang menjadi rapuh dan mudah patah jika terjadi benturan atau cidera.

Osteoporosis ternyata tidak hanya dialami oleh seorang yang sudah lanjut usia. Bahkan Suci Sutinah, Medic Advisor PT Bayer Indonesia mengatakan, seseorang yang masih dalam usia produktif pun memiliki risiko terkena osteoporosis sehingga harus dicegah sedini mungkin.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah osteoporosis. Antara lain mengurangi kebiasaan merokok serta konsumsi minuman bersoda dan berkafein seperti kopi dan teh, menjaga berat badan proporsional, mencukupi kebutuhan kalsium dan vitamin D, serta rutin berolahraga.

Dalam level tertentu penderita osteoporosis tidak merasakan gejala seperti penyakit lain pada umumnya. Namun penurunan kualitas tulang tersebut terasa jika kondisi sudah parah.

Baca juga: UGM Olah Tulang Kambing Untuk Perbaiki Kerusakan Tulang Manusia

“Osteoporosis ini tidak memiliki gejala berbeda dengan penyakit pada umumnya. Tetapi juga sudah terkena, maka risikonya cukup tinggi bahkan bisa menyebabkan kematian,” tuturnya, Rabu (16/20).

Menurutnya, salah satu olahraga terbaik yang dapat dilakukan untuk mencegah osteoporosis adalah yoga.

Astrid Amalia, Instruktur Yoga dan penulis buku “Tetap Sehat dengan Yoga” mengatakan, gerakan-gerakan pada yoga dapat menguatkan tulang dan otot dengan cara yang sangat aman bagi siapa pun, baik untuk pencegahan maupun bagi yang sudah terkena osteoporosis.

“Yoga dapat meningkatkan keseimbangan tubuh sehingga tubuh menjadi kuat dan tidak mudah goyah,” ujarnya, seperti dikutip dari Bisnis.com.

Menurutnya, gerakan yoga tersebut hanya perlu dilakukan selama 30 menit. Bahkan tidak perlu menggunakan matras, hanya dengan media kursi, gerakan yoga untuk mencegah osteoporosis bisa dilakukan di mana saja.

Untuk memberikan awareness kepada masyarakat Indonesia untuk hidup sehat, dalam rangka menyambut hari Osteoporosis sedunia pada 20 Oktober mendatang, CDR bersama Lock&Lock memberikan Kampanye Cegah Osteoporosis Sejak Dini Dengan Yoga. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*