Tayang Perdana di New York Film Joker, Bioskop Dijaga Ketat Aparat Kepolisian, Ini Alasannya

Joker | Foto: nbcnews.com
Mari berbagi

JoSS, NEW YORK – Pihak Kepolisian memberikan perhatian khusus terhadap penayangan perdana Film Joker yang dijadwalkan untuk tayang di bioskop-bioskop di Kota New York pada 4 Oktober.

Antara yang melansir The Hollywood Reporter pada Rabu (2/10) melaporkan bahwa Kepala Patroli Kepolisian New York Rodney Harrison telah menginstruksikan semua daerah di kota tersebut untuk mengerahkan pengamanan oleh polisi di bioskop-bioskop yang memutar Joker.

Rodney Harrison mengakui belum ada ancaman nyata yang dialamatkan pada pemutaran perdana Joker. Namun, pihaknya memilih untuk tetap waspada. “Tidak ada ancaman khusus atau kredibel pada saat ini, dan pemutaran film ini akan terus dipantau secara ketat. Setiap personel tambahan akan dikerahkan sesuai kebutuhan,” kata Harisson.

Tak hanya di New York, pengamanan terhadap pemutaran film Joker ini juga dilangsungkan di wilayah lain.

Beberapa hari yang lalu, kepolisian Los Angeles (LAPD) juga menyebut komitmennya untuk meningkatkan pengamanan di bioskop-bioskop yang akan memutar Joker.

Kewaspadaan ini muncul karena kekhawatiran akan terulangnya kejadian penembakan massal Colorado yang terjadi pada 2012 silam.

Pada tangal 20 Juli 2012, seorang pria bersenjata melepaskan tembakan saat pemutaran perdana tengah malam film The Dark Knight Rises (sebuah film dalam waralaba sinema pahlawan super Batman dan DC Comics) di sebuah bioskop Cinemark di Aurora, Colorado.

Pelaku, bernama James Holmes, menewaskan 12 orang dan melukai 58 lainnya.

Baca juga: Trailer Terakhir Film Joker, Potret Buram Badut Kriminal

Pria tersebut bertindak seorang diri dan mengenakan pakaian pelindung, memasuki bioskop dan melepaskan granat taktis, kemudian menembak para penonton menggunakan sejumlah senjata api. Serangan tersebut diliput oleh media di seluruh dunia dan menjadi salah satu pembunuhan massal terparah dalam sejarah modern Amerika Serikat.

Holmes, yang dihukum karena 24 tuduhan pembunuhan tingkat pertama (berencana) dan kini menjalani hukuman seumur hidup tanpa kemungkinan pembebasan bersyarat, akan selamanya dikaitkan dengan film Batman.

Pada hari-hari setelah pembantaian, ia disandingkan dengan karakter Joker (pada prequel the Dark Knight Rises; The Dark Knight) karena ia memakai rambut berwarna cerah dan, menurut laporan yang sekarang telah dibantah, menyebut dirinya “Joker” ketika ia ditangkap. Daniel Oates, kepala polisi Aurora pada saat itu, menyatakan “tidak ada bukti” Holmes pernah mengatakan itu.

Dalam Joker, aktor Joaquin Phoenix memerankan karakter seorang penyendiri yang depresi dan gagal jadi stand up komedian. Dia lantas memprovokasi amukan massa dengan kekerasan.

Sementara, studio yang memproduksi Joker, pada Selasa (24/9), mengatakan film itu bukan “mendukung kekerasan dunia nyata dalam bentuk apa pun.”

Film besutan sutradara Todd Phillips dan dibintangi aktor kawakan Joaquin Phoenix itu disebut-sebut berpotensi membangkitkan memori tragedi penembakan massal di Aurora, Colorado pada 2012, serta dikhawatirkan akan menyulut insiden serupa tahun ini.

Film tersebut juga memicu tentara Amerika Serikat (US Army) mengeluarkan memo bagi para personelnya, perihal kemungkinan insiden kekerasan atau penembakan massal selama pemutaran film Joker di bioskop-bioskop. Memo itu juga dirilis ketika beredarnya pesan berantai di media sosial lokal, yang berisi potensi aktivitas ekstremisme selama pemutaran film, kata FBI, dikutip dari Gizmodo. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*