Paundrakarna, Cucu Bung Karno Yang Bakal Disandingkan Gibran di Pilwalkot Solo

GPH Paundrakarna Sukmaputra Jiwanegara | Foto: Instagram @gphpaundrakarna1
Mari berbagi

JoSS, SOLO – Ajang Pemilihan Walikota Solo yang bakal digelar pada 2020 mendatang mulai memanas dengan munculnya nama-nama baru. Setelah Gibran Rakabuming Raka yang mantab mencalonkan diri, kini muncul Paundrakarna yang disebut-sebut akan disandingkan dengan putra sulung Presiden Jokowi itu.

Pemilik nama asli Gusti Pangeran Haryo Paundrakarna Jiwo Suryonegoro atau lebih dikenal dengan Paundrakarna itu adalah cucu Proklamator Sukarno atau Bung Karno. Paundra juga merupakan keluarga dari Keraton Mangkunegara, Surakarta, Jawa Tengah.

Pria berusia 40 tahun ini sangat mencintai dunia seni, dia menyelesaikan pendidikan di SMAN 1 Surakarta pada 1994. Setelah lulus, Paundra melanjutkan kuliah desain grafis di Universitas Trisakti pada 1994.

Untuk mendukung kariernya di dunia hiburan, Paundra pernah masuk Akademi Komunikasi Indonesia di Yogyakarta jurusan broadcasting tahun 2000.

Paundrakarna Sukma Putra adalah cucu presiden pertama RI, Sukarno. Dia merupakan putra pasangan Sukmawati Soekarnoputri, yang merupakan salah satu putri Bung Karno, dengan Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara IX.

Baca juga: Sadar Diri Pengidap Kepribadian Ambang, Ariel Tatum Lakukan Ini

Pria kelahiran 19 April 1979 ini pernah beberapa kali terlibat dalam film. Paundrakarna pernah berakting di sinetron ‘Gita Cinta dari SMA’ pada 2003 bersama Ratna Galih. Dan pada 2016, Paundrakarna pernah terlibat dalam film ‘Rudy Habibie’ sebagai tokoh antagonis.

Selain dikenal sebagai artis, Paundrakarna pernah menjadi politikus PDIP. Putra KGPAA Mangkunegoro IX dan Sukmawati Soekarnoputri itu pernah menjadi anggota DPRD di Solo. Namun, di tengah jalan, dia dicopot karena dinilai kurang aktif dalam kegiatan DPRD.

Dia mengaku siap dipasangkan dengan Gibran di Pilwalkot Surakarta 2020. Sebelumnya, dikutip dari Detik.com, Partai Gerindra berencana menggaetnya, untuk maju dalam Pilwalkot Surakarta 2020. Paundra diwacanakan berpasangan dengan putra Jokowi, Gibran Rakabuming Raka.

“Sosok Paundra ini adalah wacana DPC Gerindra yang akan kami usulkan ke pusat. Dalam waktu dekat, kami akan menemui beliau di (istana) Mangkunegaran untuk berkomunikasi lebih intens. Soal koalisi itu masih jauh, yang pasti kami terus berkomunikasi dengan partai lain,” kata Ketua DPC Gerindra Kota Solo Ardianto Kuswinarno. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*